Senin 30 Jul 2018 18:41 WIB

Garuda Jadwal Ulang Keberangkatan Dua Kloter Solo

Dua kloter yang dijadwalkan ulang adalah kloter 43 dan 45.

Calon haji berswafoto sebelum memasuki pesawat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah.
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Calon haji berswafoto sebelum memasuki pesawat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah.

IHRAM.CO.ID, SOLO -- Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menjadwal ulang dua kelompok terbang (kloter) jamaah haji dari Bandara Adi Soemarmo, Surakarta untuk mengantisipasi kepadatan di bandara transit.

"Untuk dua kloter ini yaitu kloter 43 dan 45," kata General Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Surakarta Hendrawan di Solo, Senin (30/7).

Ia mengatakan untuk kloter 43 awalnya dijadwalkan berangkat pada Senin (30/7) pukul 06.30 WIB, namun karena penyesuaian jadwal akhirnya diberangkatkan pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, untuk kloter 44 tetap sesuai jadwal, yaitu pada pukul 10.35 WIB.

"Sedangkan untuk kloter 45 juga mengalami penyesuaian dari jam 12.45 WIB menjadi 17.00 WIB," katanya.

Baca juga: Keberangkatan Jamaah Kloter 43 Klaten Tertunda 11 Jam

Selain itu, Garuda juga melakukan penyesuaian rute penerbangan pada dua kloter tersebut untuk mengurai kepadatan di Bandara Minangkabau, Padang sehingga harus dialihkan ke Bandara Kualanamu, Medan. Ia mengatakan penyesuaian jadwal tersebut dilakukan sebagai mitigasi agar tidak terjadi delay yang berkelanjutan.

Menurut dia, hal itu tidak bisa dihindari mengingat adanya kepadatan di Bandara Minangkabau, Padang. "Sehingga rutenya berubah dari yang semula Solo-Padang-Jeddah menjadi Solo-Medan-Jeddah," katanya.

Sementara itu, ia tidak memungkiri penyesuaian dilakukan mengingat adanya masalah teknis pesawat. Meski demikian, ia enggan menjelaskan secara detail permasalahan teknis tersebut.

"Pada dasarnya keselamatan penerbangan menjadi yang utama. Dengan penyesuaian ini diharapkan mitigasi bisa dilakukan dan keterlambatan tidak merembet ke kloter selanjutnya," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement