Selasa 07 Aug 2018 08:36 WIB

Saudi Siapkan Penitipan Anak dan TK Musiman Selama Haji

Para orang tua yang akan menunaikan ibadah haji bisa menitip anaknya di tempat ini.

Rep: mgrol105/ Red: Andi Nur Aminah
Tempat penitipan anak (ilustrasi)
Foto: Flikcr.cc/Steve Snodgrass
Tempat penitipan anak (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Departemen Pendidikan Arab Saudi akan membuka tempat penitipan dan taman kanak-kanak musiman. Tempat penitipan ini akan menjaga anak-anak, di saat orang tua mereka melakukan ibadah haji.

Dilansir Al-Arabiya, departemen pendidikan bekerja sama dengan dewan koordinasi perusahaan-perusahaan haji lokal dan badan pemerintah dan swasta lainnya yang peduli, melaksanakan program ini. Direktur Pendidikan di Makkah, Mohammed Bin Mahdi Al-Harithy mengatakan akan ada 18 penitipan dan taman kanak-kanak musiman. Kapasitasnya adalah 585 kursi untuk menerima anak-anak dari jamaah haji. Ini akan dikenakan biaya sebesar 2.500 riyal per anak.

Dia mengatakan semua guru di taman kanak-kanak dan TK merupakan wanita yang berkualitas dan terlatih. Harithy mengatakan akan ada perawat untuk memberikan perawatan kesehatan kepada anak-anak. Perawat-perawat ini akan menindaklanjuti kondisi kesehatan mereka 24 jam sehari.

"Lembaga-lembaga ini akan memenuhi kebutuhan pendidikan, hiburan, kebutuhan dan perawatan kesehatan anak-anak. Mereka akan merawat anak-anak sampai haji selesai," kata Al-Harithy.

Dia mengatakan orang tua akan diizinkan untuk mengunjungi anak-anak mereka. Orang tua juga diperbolehkan tinggal bersama mereka terutama pada hari raya Idul Adha.

Harithy mengatakan seorang guru bahasa akan menerima anak-anak dari berbagai kebangsaan. Guru ini akan berkomunikasi dengan mereka dalam bahasa mereka sendiri. "Kami telah menyiapkan buklet tentang penitipan dan taman kanak-kanak dalam lima bahasa selain Arab," katanya.

Buklet tersebut diterbitkan dalam bahasa Inggris, Perancis, Turki, Melayu dan Hindi. Direktur itu mengatakan pembibitan dan taman kanak-kanak musiman akan memperluas program pendidikan, permainan, hiburan, dan kegiatan lain yang disederhanakan di samping program agama dan kesadaran tentang haji. Makanan bergizi telah dipersiapkan untuk anak-anak dengan bantuan dari ahli gizi, kata Al-Harithy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement