Senin 13 Aug 2018 10:05 WIB

Pemerintah Minim Sosialisasi Pendaftaran Haji di Usia Muda

Usia 12 tahun sudah bisa mendaftar haji.

Rep: Novita Intan/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji Indonesia.
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Jamaah haji Indonesia.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menunaikan ibadah haji merupakan rukun iman yang kelima. Berhaji hukumnya wajib bagi umat Muslim yang mampu secara biaya dan bekal untuk berhaji.

Lalu pada usia berapa idealnya seorang Muslim mulai menabung agar mampu menunaikan ibadah haji? Ketua Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan In Bound Indonesia (Asphurindo), Syam Resfiandi mengatakan calon jamaah dapat menunaikan ibadah haji sejak umur 12 tahun.

"Aturan Menteri Agama sekitar umur 12 tahun sudah mulai mendaftar atau calon jamaah berusia 15 tahun lebih," ujarnya ketika dihubungi Republika.co.id, Senin (13/8).

Namun, menurutnya, saat ini pemerintah masih kurang sosialisasi untuk pendaftaraan haji di usia muda. Alhasil rata-rata calon jamaah haji Indonesia berangkat haji di usia 35-50 tahun.

"Sekarang rata-rata calon jamaah 35-50 tahun. Pemerintah harus sosialisasi rakyat mendaftar sekitar umur 15 tahun agar saat berangkat bisa di umur 40 tahun," ucapnya.

Hal ini perlu dilakukan pemerintah agar mengurangi calon jamaah risiko tinggi di usia lanjut. Tak heran jika tidak sedikit jamaah haji yang meninggal di tanah suci, tercatat hingga saat ini sudah ada 25 lebih jamaah yang wafat.

"Pemerintah menyadari di atas 75 tahun sudah duluan berangkat naik haji, dulu 85 tahun. Sehingga mengurangi risiko tinggi," ungkapnya.

Sebelumnya, Kasubdit Pendaftaran Haji Kemenag, Noer Aliya Fitra (Nafit) menjelaskan sejak berusia 12 tahun Muslim Indonesia sudah memenuhi persyaratan umur untuk mendaftar haji. Sebaiknya masyarakat mulai mendaftarkan diri sejak dini, sehingga setelah akan berangkat tidak menjadi jamaah berisiko tinggi (resti).

"Sejak sekolah, bersiaplah untuk mendaftar haji karena dengan semakin panjangnya antrean maka semakin lama orang itu berangkat," ujar Nafit saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (5/8).

Nafit mengatakan selama ini calon jamaah haji yang mendaftar kebanyakan berusia 40-50 tahun. Alhasil, saat berangkat haji banyak yang sudah lansia dan menjadi jamaah risti.

Baca juga: Jamaah Risti Jangan Paksakan Diri Lakukan Ritual Haji

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement