Senin 13 Aug 2018 17:56 WIB

Calon Jamaah Haji Banyumas-Purbalingga Mulai Diberangkatkan

Jamaah Purbalingga dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada 24 September.

Rep: eko widiyatno/ Red: Ani Nursalikah
Suasana lengang nampak di Terminal Kedatangan E di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Jumat (10/8). Percepatan kedatangan dan keberangkatan jamaah haji  membuat bandara tersebut tak sepadat tahun-tahun sebelumnya.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Suasana lengang nampak di Terminal Kedatangan E di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Jumat (10/8). Percepatan kedatangan dan keberangkatan jamaah haji membuat bandara tersebut tak sepadat tahun-tahun sebelumnya.

IHRAM.CO.ID, BANYUMAS -- Jamaah calon haji asal Kabupaten Purbalingga dan Banyumas, mulai diberangkatkan. Jamaah asal Kabupaten Purbalingga dilepas dari pendopo Kabupaten setempat pada Sabtu (11/8) malam. Sedangkan jamaah asal Banyumas, dilepas mulai Senin (13/8) malam dan dini hari.

Jumlah jamaah asal Purbalingga yang diberangkatkan Sabtu (11/8) malam, berjumlah 548 calon haji. Rombongan ini terbang ke Arab Saudi melalui Bandara Donohudan dalam dua kloter, kloter 88 dan 89. Jamaah kloter 88 terbang ke Tanah Suci Senin (13/8) pukul 08.00, sedangkan kloter 89 yang digabung dengan jamaah calon haji asal Banyumas, akan terbang pukul 10.00 WIB.

"Jamaah asal Purbalingga dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada 24 September 2018," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kemenag Kabupaten Purbalingga, Ratmono.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, keberangkatan rombongan jamaah calon haji asal Purbalingga ini diantar langsung oleh Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Pada tahun-tahun sebelumnya, rombongan juga diantar hingga embarkasi Donohudan Boyolali oleh Bupati Tasdi.

"Hal ini memang sudah menjadi komitmen kami sejak kepemimpinan Bupati Tasdi sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada calon jamaah haji di kabupaten Purbalingga. Begitu juga saat pulang, kami akan menjemput langsung di debarkasi,'' katanya.

Sementara untuk jamaah asal Kabupaten Banyumas yang seluruhnya berjumlah 1.110 calon haji, dilepas Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo di pendopo Setda Banyumas, Senin (13/8) pukul 00.01 dini hari. "Calhaj asal Banyumas terbagi dalam lima kelompok terbang," kata Kepala Bagian Kesra Setda Banyumas Fatikul Iksan.

Rombongan pertama sebanyak 18 calon haji, diberangkatkan melalui kloter 89 bersama calhaj dari Purbalingga. Sedangkan calhaj lainnya, tergabung dalam kloter 90, 91, 92, dan 93.

Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo, dalam kesempatan itu mendoakan agar seluruh calon haji dari Banyumas diberikan kemudahan dalam melaksanakan rukun dan sunahnya serta dalam perjalanannya ke Tanah Suci diberikan keselamatan, kegembiraan berangkat sehat pulang sehat dan menjadi haji yang mabrur. Bupati juga meminta jamaah mendoakan agar para pejabat dalam menjalankan tugasnya dengan amanah, dan meminta doa untuk masyarakat Banyumas yang lebih baik.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Banyumas, Amirudin, menyebutkan para calon haji asal Banyumas akan diterbangkan ke Tanah Suci mulai Senin (13/8) ini. Kloter 89 yang digabung dengan jamaah asal Purbalingga, diterbangkan pukul 09.45, dan Kloter 90 mulai diterbangkan Selasa (14/8) pukul 01.55.

"Setelah itu, menyusul kelompok terbang lainnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement