Rabu 15 Aug 2018 15:07 WIB

Ketegangan Hubungan Kanada-Saudi Ganggu Perjalanan Haji

Sebagian calon jamaah haji memilih membatalkan perjalanan ke Makkah.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda
Kedutaan Besar Arab Saudi di Ottawa, Kanada. Arab Saudi memanggil pulang duta besarnya di Ottawa setelah pemutusan hubungan diplomatik kedua negara.
Foto: David Kawai/The Canadian Press via AP
Kedutaan Besar Arab Saudi di Ottawa, Kanada. Arab Saudi memanggil pulang duta besarnya di Ottawa setelah pemutusan hubungan diplomatik kedua negara.

IHRAM.CO.ID, OTTAWA -- Ketegangan antara pemerintah Kanada dan Arab Saudi membawa dampak pada jamaah haji Kanada. Masyarakat Muslim di sana khawatir tidak bisa berangkat ke tanah suci karena sejumlah biro perjalanan pesimistis.

Sejumlah perkembangan menyebut beberapa penerbangan maskapai Arab Saudi membatalkan jadwal terbang dari dan ke Kanada. Satu agen travel bahkan telah memutuskan tidak melanjutkan rencana perjalanan haji pelanggannya karena ketegangan diplomatik yang tiba-tiba muncul.

Dilansir The Star, Rabu (15/8), awal bulan ini, Kementerian Luar Negeri Kanada mengirim cuitan menyeru agar Arab Saudi segera membebaskan dua aktivis HAM yang saat ini dipenjara di Saudi. Kerajaan bereaksi dengan memperburuk hubungan.

Saudi memutuskan menangguhkan perdagangan, memanggil pulang pelajar-pelajarnya dari sekolah Kanada hingga membatalkan segala aktivitas penerbangan ke dan dari Kanada. Hal terakhir membawa imbas yang melebar kemana-mana termasuk pelaksanaan haji.

Baca juga, Arab Saudi Hentikan Program Medis di Kanada

"Kami punya banyak masalah," kata Manager Operasi King Travel, Syed Ahmed. Biro perjalanannya khusus untuk umrah dan haji. Menurutnya, sebanyak 25 persen calon jamaahnya sudah membatalkan rencana perjalanan dan meminta pengembalian dana.

Menurut Ahmed, calon jamaah yang berangkat dari Kanada sering menggunakan Saudia. Maskapai ini memiliki rute penerbangan langsung dari dan ke Pearson International Airport Toronto.

Saudia sudah membatalkan rute tersebut sejak Senin lalu. Tidak jelas bagaimana nasib pelanggan yang sudah menggunakannya untuk keberangkatan agar dapat pulang kembali ke Kanada.

Ahmed mengatakan Saudia telah menawarkan pembayaran penuh untuk transfer tiket ke maskapai lain. Namun di masa padat perjalanan musim haji seperti sekarang, sangat sulit menemukan jadwal penerbangan pengganti.

Baca juga, Kanada tak Gubris Sanksi Saudi

Saat ini, pemerintah Kanada telah memulai pembicaraan dengan otoritas Saudi. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau baru-baru ini menyampaikan akan memperbaiki hubungan dengan Saudi.

Namun, ia menolak menurunkan kritik tentang HAM di Saudi. Trudeau mengatakan tidak akan mengorbankan posisi Kanada dalam menjunjung tinggi HAM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement