Selasa 28 Aug 2018 15:19 WIB

Masjidil Haram Dibersihkan Intensif Usai Pelaksanaan Haji

Sekitar 4.000 pekerja turun tangan untuk membersihkan area masjid.

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Andi Nur Aminah
Para pekerja mengganti kiswah Ka'bah dan membersihkan Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi.
Foto: EPA-EFE/ Center for International Communication (CIC)
Para pekerja mengganti kiswah Ka'bah dan membersihkan Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Pelaksanaan ibadah haji telah usai. Sebagian besar situs suci mulai berbenah dan bersih-bersih, termasuk Masjidil Haram di Makkah. Dilansir Saudi Gazette, Senin (27/8), proses pembersihan masjid menjadi lebih intensif.

Otoritas yang bertanggung jawab atas kebersihan masjid mulai mengerahkan lebih banyak orang. Mereka membersihkan karpet dan lantai Masjidil Haram, termasuk lapangan luar masjid.

Sekitar 4.000 pekerja turun tangan untuk membersihkan area masjid disupervisi oleh 275 orang. Sekitar seribu mesin pembersih dikerahkan. Total 2.247 ton sampah berhasil dikumpulkan dari wilayah masjid dan sekitarnya.

Direktur Pelayanan Umum Masjidil Haram, Muhammad al-Jabri, mengatakan, pembersihan karpet dan lantai dilakukan sepanjang waktu dalam tiga shift kerja terus- menerus tanpa jeda. Masing-masing membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Tim kebersihan kemudian siap sedia di wilayah jika terjadi hujan atau insiden lain. Sekitar 150 karpet plastik tersedia di wilayah luar masjid dan gerbang masuk Masjidil Haram agar jamaah tidak terpeleset saat air menggenang.

Puluhan mesin penyedot air pun tersedia untuk menghindari banjir atau genangan air di masjid. Meski pelaksanaan haji telah usai, Masjidil Haram masih cukup padat dengan jamaah yang ingin beribadah. Sementara, upaya pelayanan tetap berlangsung maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement