Senin 03 Sep 2018 09:32 WIB

SD Bakti Mulya 400 Gelar Latihan Manasik Haji

Ini merupakan agenda tetap bagi siswa kelas IV SD Bakti Mulya 400.

SD Bakti Mulya 400 Jakarta mengadakan latihan manasik haji yang diikuti para siswa kelas IV.
Foto: Dok SD BM 400
SD Bakti Mulya 400 Jakarta mengadakan latihan manasik haji yang diikuti para siswa kelas IV.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – SD Bakti Mulya 400 menggelar  latihan manasik haji. Kegiatan tersebut diadakan di sekolah SD Bakti Mulya (BM) 400 Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (1/9).

“Latihan manasik haji ini diikuti oleh siswa kelas IV SD Bakti Mulya 400,” kata Kepala SD BM 400, Hasanuddin dalam rilis yang diterima ihram.co.id, Sabtu (1/9).

Ia menambahkan,  latihan manasik haji merupakan agenda tetap bagi siswa kelas IV SD BM 400, dan diadakan setiap awal semester pertama.  Para siswa mengenakan pakaian ihram. Mereka dibimbing oleh guru Agama Islam dan guru-guru lainnya dari SD BM 400.

photo
Para siswa kelas IV SD Bakti Mulya 400 Jakarta mengikuti latihan manasik haji.

Ia menjelaskan, latihan manasik haji itu mencakup prosesi ibadah haji, mulai dari wukuf di Padang Arafah, mabit Muzdalifah, melempar jumrah di Mina, thawaf di Ka'bah, sa’i dan tahalul.

“Latihan manasik haji tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kegiatan ibadah haji   dan kelas ketika dewasa  nanti di mana  Allah memanggil untuk melaksanakan haji,   siswa telah memiliki pengalaman pernah melaksanakan manasik haji  pada saat duduk di bangku SD Bakti Mulya 400,” papar Hasanuddin.

Selain itu, tambah Hasanuddin, latihan manasik haji itu sekaligus merupakan implementasi pembelajaran Agama Islam. “Ini merupakan hal yang sangat penting, mengingat SD BM 400 merupakan sekolah umum yang bernafaskan Islam. Sekolah berupaya mengajari siswa mengenai pengetahuan dan penerapan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah maupun di masyarakat,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, kata Hasanuddin, pihaknya juga  mendoakan para siswa agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan sebaik mungkin.  “Semoga dengan latihan manasik haji,  seluruh siswa dapat menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement