Jumat 21 Sep 2018 14:11 WIB

Amphuri Sambut Baik Kebijakan Perluasan Visa Umrah

Perluasan visa umrah bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke Arab Saudi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Suasana sa'i di bukit Safa-Marwah, Masjidil Haram, Makkah
Foto: ROL/Sadly Rachman
Suasana sa'i di bukit Safa-Marwah, Masjidil Haram, Makkah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) menyambut baik kebijakan perluasan visa umrah. Sekretaris Jenderal Amphuri, Firman M Nur mengatakan, Amphuri menyambut baik kebijakan Kerajaan Arab Saudi jika kebijakan tersebut benar adanya. Kebijakan terkait perluasan visa umrah tersebut bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke Arab Saudi.

"Orang yang sudah berkali-kali ke Arab Saudi mungkin bisa mendapatkan tujuan tambahan untuk lebih mengenal sejarah Rasulullah SAW di kota-kota lain selain Kota Makkah dan Madinah," kata Firman kepada Republika.co.id, Jumat (21/9).

Ia menerangkan, kota-kota lain di Arab Saudi juga memiliki sejarah, contohnya Madain Saleh yang sekarang sudah menjadi warisan dunia. Amphuri berharap Kerajaan Arab Saudi juga memberikan kemudahan dalam proses mendapatkan visa seiring diterapkannya kebijakan perluasan visa umrah.

Menurutnya, tujuan kebijakan peruasan visa umrah yang dapat berlaku untuk seluruh wilayah Arab Saudi untuk meningkatkan kunjungan wisata. Arab Saudi memiliki visi 2030 untuk menjadikan sumberdaya selain minyak bumi jadi pendapatan negara.

"Jadi kita berharap akan ada kemudahan-kemudahan yang lebih, karena isu yang berkembang sekarang prosesnya (mendapatkan visa) agak sulit," ujarnya.

Sebagai masyarakat Muslim, Firman mengungkapkan, senang mendengar kebijakan yang dibuat Kerajaan Arab Saudi. Sehingga masyarakat Muslim di Indonesia bisa berkunjung ke negara Muslim lain dengan sangat mudah.

Namun, dia mengingatkan, masyarakat Indonesia juga harus sadar perjalanan ke Arab Saudi untuk ibadah umrah. Jadi destinasi wisata sejarah Islam di Arab Saudi harus lebih diutamakan. Disamping itu, Amphuri juga berharap fasilitas tempat-tempat wisata di Arab Saudi ditingkatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement