Senin 26 Nov 2018 19:01 WIB

Jamaah Haji Indonesia Puas dengan Layanan Transportasi Bus

Indeks pelayanan bus antarkota meningkat 0,02 poin.

Rep: novita intan/ Red: Muhammad Subarkah
Foto udara antrean bus yang digunakan jamaah haji tengah berwukuf di Padang Arafah, Senin (20/8).
Foto: Sedat Suna/EPA EFE\
Foto udara antrean bus yang digunakan jamaah haji tengah berwukuf di Padang Arafah, Senin (20/8).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA- Pekan lalu Badan Pusat Stastistik (BPS) mengumumkan Indeks Kepuasaan Haji Indonesia (IKJHI) 1439H/2018M. Hasilnya secara umum layanan pemerintah kepada jamaah haji Indonesia telah memenuhi kriteria sangat memuaska dengan kenaikan 0,38 poin menjadi 84,85 persen.

Bila dirinci menurut jenis pelayanan, indeks kepuasan tertinggi terdapat pada pelayanan transportasi bus antarkota sebesar 88,25 persen. Terdapat tiga jenis layanan transportasi bus yaitu bus antarkota, bus sholawat dan bus Armina.

"Kisaran nilai indeks kepuasan untuk layanan-layanan bus antarkota relatif sama, bahkan jarak indeks tertinggi dan terendah yaitu pada layanan kelengkapan fasilitas bus seperti kursi, AC, dll (89,15) dan ketepatan waktu kedatangan bus (87,19)," seperti dikutip data BPS yang diterima Republika, Ahad (25/11).

Dibandingkan dengan indeks kepuasaan tahun lalu, indeks pelayanan bus antarkota meningkat 0,02 poin. Peningkatan tertinggi pada komponen kemampuan mengarahkan dan mengatur jamaag (1,00) diikuti oleh ketepatan waktu kedatangan bus (0,65) dan ketersediaan armada bus yang melayani jamaah haji (0,32).

Layanan transportasi bus antarkota dimulai sejak mengantar jamaah dari bandara kedatangan ke hotel di Madinah dan Makkay, perpindahan antarkota Makkah dan Madinah atau sebaliknya, dan dari hotel di Makkah atau Madinah ke bandara kepulangan, termasuk mengantarman jamaah dari Mina setelah melaksanakan jumroh.

"Pada tahun ini, nilai indeks kepuasan bus antar kota sebesar 88,25. Seluruh komponen layanan pada bus antarkota memiliki indeks di atas 85,00 atau telah mencapai kriteria sangat memuaskan," demikian dikutip.

Kemudian, layanan transportasi bus sholawat merupakan layana bus dalam kota Makkah untuk mengantar jamaah haji Indonesia dari hotel ke Masjidil Hara., pergi pulang. Pada tahun ini, nilai indeks kepuasan jamaah pada layanan bus sholawat sebesar 87,65.

Seluruh komponen layanan bus sholawat memiliki indeks di atas 85,00 atau telah mencapai kriteria sangat memuaskan. Dibandinhkan tahun sebelumnya, pelayanan bus sholawat hanya 0,07 poin atau menurun pada komponen tampilan fisik bus (-1,31) diikuti oleh kelengkapan fasilitas bus (-0,68) dan keamanan selama menggunakan bus (-0,15).

"Pada tahun ini kelengkapan fasilitas bus, kesopanan sopir dalam melaksanakan tugas, dan tampilan fisik bus digunakan memiliki indeks kepuasan tertinggi dibandingkan jenis pelayanan bus sholawat lainnya," demikian dikutip.

Terakhir, layanan transportasi bus Armina merupakan layanan bus yang disediakan oleh pemerintag Arab Saudi untuk mengantarkan jamaah dari hotel di Makkah ke Arafah, dilanjutkan keesokan harinya dari Arafah ke Muzdalifah dan Muzdalifah ke Mina. Pada tahun ini, tingkat kepuasan jamaah terhadap layanan bus Armina sebesar 18,09.

Tingkat kepuasannya merupakan terendah kedua setelah tenda. Seluruh nilai tingkat kepuasan berada antar 75,00 dan 85,00 atau memiliki kriteria memuaskan.

Tampilan fisik bus yang digunakan, kelengkapan fasilitas bus dan kesopanan sopir dalam melaksanakan tugas merupakan tiga jenis pelayanan bus Armina dengan tingkat kepuasan tertinggi. Walaupun tingkat kepuasannya merupaka terendah kedua setelah pelayanan tenda, akan tetapi dibandingkan dengan tahun lalu tingkat kepuasan pelayanan bus Armina meningkat 3,00 poin, merupakan peningkatan tertinggi dibandingkan pelayanan lainnya.

"Peningkatan tertinggi pada komponen ketepatan waktu kedatangan bus (7,85) diikuti oleh ketersediaan armada bus yang melayani jamaah haji (6,50) dan kelengkapan fasilitas bus (2,91)," demikian dikutip.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement