Rabu 06 Feb 2019 17:34 WIB

Wadi Usfan, Perlintasan Para Nabi

Dalam sebuah riwayat disebutkan, sebanyak 70 nabi pernah melintasi lembah Usfan.

Ilustrasi kafilah dagang di gurun pasir
Foto:

Ibnu Katsir dalam kitabnya Qishash al-Anbiyaa` (Kisah para Nabi-nabi), mengutip hadis dengan sanad yang sahih dan diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan An-Nasai, serta Imam Ahmad bin Hanbali dari Ibnu Abbas RA, bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepada Abu Bakar, saat melintasi lembah (wadi) Usfan (Asafan).

Wahai Abu Bakar, lembah apakah ini? Abu Bakar menjawab; Lembah Usfan. Rasul SAW bersabda, (Nabi) Hud dan Saleh AS pernah melewati (melintasi) lembah ini di atas unta merah yang tali kendalinya terbuat dari serabut. Pakaian mereka berupa jubah, baju luarnya terbuat dari bulu yang bergaris-garis. Mereka mengucapkan talbiyah dan melaksanakan ibadah haji di Baitul ‘Atiq (ka’bah).

Riwayat lain menyebutkan, tempat tersebut juga dilintasi oleh Nabi Nuh, Hud, dan Ibrahim. Ibnu Katsir menjelaskan, hadis yang menyebutkan lembah tersebut dilewati oleh Nabi Nuh, Hud, dan Ibrahim ini, sanadnya lemah (dhaif).

Dalam kitab Mu’jam al-Buldan (Kumpulan Negeri-negeri) karya Hamawi al-Yaquti, sebagaimana dikutip Sami bin Abdullah al-Maghluts dalam kitabnya Athlas Tarikh al-Anbiyaa` wa ar-Rusul (Atlas Sejarah Nabi dan Rasul), lembah atau Wadi Usfan ini pernah dilewati oleh sedikitnya sekitar 70 orang nabi dan rasul.

Sebagaimana diketahui, dalam salah satu sabdanya, Rasul SAW pernah mengatakan bahwa jumlah Nabi yang diutus oleh Allah SWT sebanyak 124 ribu orang, sedangkan rasul berjumlah 313 orang. Demikian disebutkan oleh Syekh Ahmad Marzuqy dalam kitabnya Aqidah al-Awwam yang juga dikutip oleh Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani dalam Nur Az-Zhalam (Cahaya dalam Kegelapan).

sumber : Mozaik Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement