Rabu 06 Feb 2019 17:34 WIB

Wadi Usfan, Perlintasan Para Nabi

Dalam sebuah riwayat disebutkan, sebanyak 70 nabi pernah melintasi lembah Usfan.

Ilustrasi kafilah dagang di gurun pasir
Foto:

Syauqi Abu Khalil dalam kitabnya Athlas Hadits menjelaskan, lembah Asafan atau Wadi Usfan ini terletak sekitar 80 kilometer dari Makkah ke arah Madinah. Dalam sebuah riwayat dari Rasulullah SAW disebutkan, ada 70 nabi yang melewati jalan (Wadi Usfan). Jalan ini terdiri atas 13 marhalah hingga sampai ke daerah al-Musaijid, as-Sayyalah, dan Madinah Nabawiyah.

Bila dari Makkah menuju Madinah, maka letak Wadi Usfan berada di antara Hudaibiyahj dan Faidah. Sedangkan dari Madinah menuju Makkah, lokasinya berada setelah Al-Musaijid, Badar, al-Muraisi, dan Khulaish.

Di sebut dengan Wadi Usfan yang berarti lembah yang ada di padang pasir dan tanpa petunjuk jalan. Secara bahasa, Usfan berasal dari kata ‘asafa al-mafazah yang berarti dia tersesat di padang pasir. Maksudnya, dia melalui padang pasir itu tanpa petunjuk dan tujuan.  Bila tak berhati-hati, besar kemungkinan akan tersesat.

Lokasi ini di namakan Usfan karena daerah tersebut ada aliran air di dalamnya tidak beraturan. Ia terletak di antara al-Juhfah dan Makkah Al-Mukarramah.

sumber : Mozaik Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement