Kamis 07 Feb 2019 20:00 WIB

Pos Nigeria Bermitra dengan Layanan Kargo Saudi

Jamaah haji membutuhkan jasa kargo untuk membawa buah tangan dari Tanah Suci.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Agus Yulianto
Rombongan haji Nigeria bersiap masuk pesawat.
Foto: Daily Post Nigeria
Rombongan haji Nigeria bersiap masuk pesawat.

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Layanan Pos Nigeria (NIPOST) bermitra dengan Saudi Arabia Post menyediakan layanan pengiriman kargo dan paket milik jamaah haji dari Tanah Suci ke Nigeria.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis NIPOST Dauda Musa menjelaskan, banyak warga Nigeria yang melakukan perjalanan haji membeli banyak buah tangan. Karena itu, jamaah haji Nigeria menghabiskan banyak uang untuk transportasi pulang ke Tanah Air dengan membawa barang belanjaan.

“Kantor pos di seluruh dunia adalah jaringan, dan kami hanya memiliki satu payung bernama Universal Postal Union (UPU). Sehingga apa pun yang kami lakukan, dapat diterapkan secara universal di semua negara,” kata Musa dilansir di Sudiata Post, Kamis (7/2).

Dia memahami, jamaah haji membutuhkan jasa kargo untuk membawa buah tangan dari Tanah Suci. Namun, biasanya pesawat penumpang tidak dapat membawa serta kargo itu karena melebihi ketentuan berat.

“Ketika mereka mengirim sendiri, banyak masalah terjadi, alamat tidak ditulis dengan benar, juga, ada bahasa pada item yang orang-orang Saudi tidak berbicara Hausa atau Inggris, mereka hanya berbicara bahasa Arab,” tutur Musa.

Karena itu, dia mengatakan, jamaah Nigeria membutuhkan layanan yang bisa sebagai pemandu, menerima mata uang jamaah Nigeria, dapat berbicara bahasa Inggris dan Arab. Selama ini, banyak jamaah haji yang mengeluhkan waktu berbulan-bulan jika mengirim barang melalui jasa pengiriman. Namun, NIPOST memberi pelayanan lebih cepat daripada jasa pengiriman lainnya.

“Tetapi dengan NIPOST, mereka mendapatkan barang, bahkan sebelum mereka sampai ke Nigeria, barang-barang mereka sudah tiba,” ujar dia.

Kerja sama tersebut mengharuskan Saudi Post menyediakan logistik dalam hal penimbangan, kendaraan untuk membawa kargo ke bandara, dan membayar maskapai yang akan membawa ke Nigeria. Saudi Post akan membayar semua biaya pengiriman. Sementara jamaah Nigeria, hanya membayar tarif darat NIPOST.

Musa mengatakan, kerja sama itu menciptakan hubungan lebih dekat dan baik dengan Pemerintah Saudi. Manajemen NIPOST menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Arab Saudi tentang penanganan kargo jamaah haji selama musim haji 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement