Senin 18 Feb 2019 13:30 WIB

Tiga Hal yang Membuat Orang Ingin Kembali ke Tanah Suci

Makkah dan Madinah adalah kota suci yang biasanya tersimpan di hati kebanyakan Muslim

Kabah
Foto: Reuters/Fahad Shadeed
Kabah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Meski sudah pernah ke Tanah Suci (Makkah dan Madinah), seseorang biasanya ingin kembali ke sana. Ada saja sesuatu yang memotivasi untuk kembali ke sana.

Makkah dan Madinah adalah kota suci yang biasanya tersimpan di hati kebanyakan Muslim. Sepanjang hidupnya, seorang Muslim biasanya berniat untuk dapat ke sana, setidaknya sekali.

Dua kota tersebut menyimpan sejarah perjuangan dakwah para nabi Ibrahim misalkan, membangun Ka'bah bersama Ismail di sana. Mereka berdua juga mempertaruhkan kehidupannya demi menjalankan perintah Allah. Jejak perjuangan dakwah mereka diabadikan dalam beberapa ritual haji dan umrah, seperti melempar batu di Jamarat Mina.

Berikut ini adalah tiga hal yang membuat Muslim ingin kembali ke Tanah Suci.

Air Zamzam

Biasanya jamaah beristirahat setelah melak- sanakan tawaf. Sambil berjalan santai dari tempat tawaf (mataf) menuju tempat sa'i (mas'a) jamaah biasanya menyempatkan diri meneguk air zamzam. Berdasarkan catatan sejarah, air ini merupakan anugerah Allah untuk istri Nabi Ibrahim, Hajar, dan anaknya Ismail, yang kelelahan pada masa awal menempati Makkah.

Air itu terus memancar hingga detik ini. Jamaah haji dan umrah pasti membawa air tersebut sebagai oleh-oleh.

Ka'bah

Bangunan berbentuk kubus berbalut kiswah hitam itu adalah kiblat umat Islam. Di mana- pun umat Islam berada pasti akan menghadap ke Ka'bah ketika melaksanakan shalat.

Ketika berziarah ke Makkah, umat Islam biasanya melaksanakan umrah. Setelah berihram di miqat dan berniat haji atau umrah, jamaah akan bertawaf di Masjidil Haram.

Jamaah biasanya menyempatkan diri menempelkan badan di Ka'bah untuk berdoa. Ketika itu biasanya mereka menangis haru karena melihat langsung bangunan warisan Nabi Ibrahim yang dikenal sebagai bapak para nabi. Setelah itu mereka melaksanakan sa'i dan bertahalul.

Raudhah Raudhah

Raudhah Raudhah adalah tempat antara makam Rasulullah dan mimbar Masjid Nabawi di Madinah. Area ini ditandai dengan karpet berwarna hijau. Pada musim haji (Dzulqaidah--Dzulhijah) dan umrah (puncaknya pada Ra- madhan), Raudhah menjadi tempat yang paling dinikmati.

Di sana jamaah mendirikan shalat sunah dan berzikir.Berdasarkan hadis, barang siapa yang berdoa di raudhah akan dikabulkan oleh Allah.

Setiap Muslim bercita-cita untuk dapat mengunjungi Tanah Suci karena itu merupakan bagian dari ajaran Islam yang dianjurkan (untuk berumrah, bahkan wajib (untuk berhaji). Namun, kewajiban itu akan gugur jika seseorang dikategorikan tak mampu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement