Kamis 13 Jun 2019 14:46 WIB

Daftar Elektronik untuk 94 Persen Kuota Haji Lokal Saudi

Pendaftaran haji domestik Saudi dilakukan secara elektronik.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Suasana thawaf di Masjid Al Haram, Mekkah, Kamis (24/5) waktu setempat.
Foto: Ahmed Jadallah/Reuters
Suasana thawaf di Masjid Al Haram, Mekkah, Kamis (24/5) waktu setempat.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi hanya akan menerima pendaftaran haji secara elektronik bagi 94 persen kuota jamaah domestik, termasuk warga Saudi dan ekspatriat (pekerja asing). 

Pendaftaran haji secara elektronik itu dialokasikan bagi perusahaan dan lembaga yang menyediakan layanan haji.   

Baca Juga

Sementara itu, dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (13/6), enam persen sisanya dari jamaah domestik itu dapat didaftarkan oleh penyedia layanan haji dengan syarat bahwa datanya harus dimasukkan melalui program e-path, termasuk identitas jamaah dan nomor ponselnya. Setelah menerima pesan konfirmasi, jamaah tersebut harus menyelesaikan proses registrasi dengan melakukan pembayaran.  

Pemerintah Saudi telah menetapkan 23 Juni (20 Syawal) sebagai tanggal awal untuk penjatahan kamp di Mina bagi perusahaan jasa haji. Sementara itu, Kementerian terus menerima pendaftaran dari perusahaan layanan haji dan lembaga, yang berniat untuk berpartisipasi dalam program menjalankan perawatan bagi anak-anak jamaah haji selama musim haji.

 

Departemen Umum untuk Jamaah Domestik di kementerian tersebut mengatakan, bahwa biaya untuk merawat anak-anak difabel telah ditetapkan sebesar 3.000 riyal per anak. 

Sedangkan biaya untuk anak-anak normal adalah 2.500 riyal. Perusahaan bersangkutan harus menyediakan transportasi bagi anak-anak itu melalui jalan darat.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement