Senin 17 Jun 2019 11:06 WIB

Kemenag Siap Proses Berkas Visa 65 Ribu Jamaah Haji

Pemberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan pada 7 Juli

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Hasanul Rizqa
 Ilustrasi Haji
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Proses penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini sudah memasuki tahap pembuatan visa. Kasubdit Dokumen Haji Reguler Kementerian Agama (Kemenag) Nasrullah Jasam menjelaskan, sampai saat ini ada lebih dari 65 ribu paspor untuk calon jemaah haji yang telah terkumpul.

“Proses pengelompokan (grouping) berdasarkan kloter sudah hampir selesai, untuk selanjutnya dilakukan proses pemvisaan,” kata Nasrullah dalam keterangan yang diterima Ihram.co.id, Ahad (16/6).

Baca Juga

Menurut dia, data paspor jemaah yang sudah dikelompokan berdasarkan kloter ini selanjutnya akan dikirim ke Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah untuk dilakukan pemaketan layanan. Layanan tersebut antara lain mencakup akomodasi, transportasi, dan katering.

“Setelah melakukan pemaketan layanan, KUH KJRI di Jeddah akan meng-input data tersebut ke dalam sistem pemvisaan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi,” lanjutnya.

Pemberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan pada 7 Juli 2019. Nasrullah mentargetkan visa jemaah kloter yang masuk dalam pemberangkatan pada gelombang pertama, bisa segera selesai.

Terkait dengan rekam biometrik, Nasrullah menambahkan bahwa saat ini sudah 80% jemaah haji yang sudah melakukan perekaman. “Untuk jemaah yang belum melakukan rekam biometrik, itu bisa dilakukan pada saat berada di asrama haji sebelum keberangkatan,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement