Selasa 25 Jun 2019 18:21 WIB

Menag Pastikan Seluruh Persiapan Haji Telah Tuntas

Menag menegaskan fokus dokumen perjalanan calon haji termasuk paspor dan visa.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memastikan seluruh persiapan penyelenggaraan haji tahun ini khususnya untuk layanan calon jamaah di Saudi Arabia telah tuntas. Kesiapan tersebut termasuk hotel-hotel yang akan ditempati oleh jamaah haji, baik di Madinah maupun di Makkah, katering untuk menyiapkan konsumsi, dan transportasi.

"Jadi praktis seluruh persiapan di Tanah Suci (sudah siap)," kataLukman Hakim Saifuddin setelah acara Pembekalan Petugas Media Center Haji (MCH) 1440H/2019 di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta, Selasa (26/6).

Baca Juga

Ia juga memastikan bus masyair yang mengangkut jamaah calon haji di fase Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) dan akan beroperasi pada 8-13 Dzulhijah. "Itu sudah kita siapkan sebaik-baiknya, saat ini persiapan fokus di Tanah Air,” kata Menag.

Menag menegaskan fokus persiapan di Tanah Air menyangkut penyelesaian dokumen-dokumen perjalanan calon haji termasuk paspor dan visa. Hal ini, kata dia, yang sampai saat ini masih terus dilakukan seiring dengan menunggu sebagian calon jamaah haji yang belum melunasi biaya haji.

Kemenag memang telah mengantisipasi hal itu dengan menyiapkan 5 persen dari total kuota yang ada sebagai cadangan untuk mengantisipasi calon jamaah haji yang tidak melunasi biaya haji sehingga bisa digantikan oleh cadangan. "Jadi mudah-mudahan kuota sebesar 231.000 termasuk 17.000 haji khusus itu bisa maksimal dan optimal kita gunakan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement