Senin 01 Jul 2019 10:27 WIB

Menkes Ingatkan Tugas Berat Petugas Kesehatan Haji

Petugas kesehatan haji mengemban tugas berat selama di tanah suci.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI secara resmi melepas 24 anggota tim advance dan tim manajerial Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan. Kepada 24 PPIH ini, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek berpesan untuk menjaga kesehatannya masing-masing. 

"Kepada tenaga kesehatan saya titip menjaga kesehatan diri sendiri. Ini penting sekali menjaga kesehatan diri sendiri, kalau sakit atau ada sesuatu bagaimana jamaahnya nanti," kata Nila F Moeloek saat memberikan arahan kepada PPIH yang diberangkatkan gelombang pertama, di ruang 215 Gd Adiatama Kemenkes Jl HR Rasuna Said Jakarta, Senin (1/7). 

Baca Juga

Nila memastikan, menjaga kesehatan diri sendiri sangat penting daripada jamaah. Apalagi PPIH bidang kesehatan ini akan bertugas di tanah suci kurang lebih selama tiga bulan mengawal kesehatan jamaah. 

"Jadi artinya kita harus menjaga diri sendiri. Karena 76 hari bukanlah waktu yang pendek cukup panjang ini hampir tiga bulan," katanya. 

 

Untuk itu kata dia, pelepasan pertama dari tenaga kesehatan jauh lebih penting. Karena tenaga kesehatan yang bertanggung jawab terhadap kesehatan jamaah haji di Makkah dan Madinah. "Saya menganggap jauh lebih penting daripada jamaah haji karena anda adalah yang bertanggung jawab mengawal para jamaah haji," katanya. 

Nila mengatakan, mengawal kesehatan haji selama di tanah suci bukan suatu pekerjaan yang mudah. Untuk itu sebelum menyehatkan jamaah haji, petugas kesehatan juga harus lebih dahulu sehat dan prima. "Jadi masalah kesehatan ini saya titip betul kepada 24 orang yang diberangkatkan pertama ini," katanya.

Nila menyampaikan apresiasinya kepada Pusat Kesehatan Haji yang telah mengawal kesehatan jamaah jauh sebelum keberangkatan ke Tanah Suci. Menurutnya apa yang telah dilakukan tenaga kesehatan tidak ringan. 

"Saya tentu sangat berterima kasih atau kami Kementerian Kesehatan berterima kasih kepada para tenaga kesehatan yang pekerjaannya tidaklah ringan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement