Jumat 05 Jul 2019 00:50 WIB

Ketua Regu dan Rombongan Diminta Perhatikan Jamaah Lansia

Calon haji lansia perlu dapat perhatian priotitas.

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Agung Sasongko
calon haji lansia berisiko tinggi
Foto: antaranews
calon haji lansia berisiko tinggi

IHRAM.CO.ID, UNGARAN -- Para ketua regu serta ketua rombongan jamaah calon haji asal Kabupaten Semarang diwanti- wanti untuk memberikan prioritas perhatian kepada calon haji usia lanjut.

Hal ini dimaksudkan untuk membantu memperlancar pelayanan kepada para calon jamaah selama proses ibadah haji berlangsung, sejak berada hingga kembali lagi ke asrama haji.

Pesan tersebut terungkap dalam Pembekalan Kepada Ketua Regu dan Ketua Rombongan jamaah calon haji Kabupaten Semarang, yang dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang, Kamis (4/7).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Semarang, Taufiqurrahman mengatakan, hingga hari ini, menyangkut dokumen dan kesiapan untuk keberangkatan calon haji asal Kabupaten Semarang sudah tidak ada masalah.

Namun hal yang penting mendapatkan perhatian adalah berkaitan dengan jamaah calon haji yang sudah berusia lanjut, pada musim haji tahun ini.

“Jamaah haji yang berusia lanjut ini perlu mendapat perhatian dan kami tekankan kepada ketua regu maupun ketua rombongan untuk memperhatikan masukan ini demi kelancaraan pelaksanaan ibadah haji nanti,” ungkapnya.

Taufiq juga menyampaikan, hari ini Kantor kemenag Kabupaten Semarang memberikan pembekalan kepada 67 orang ketua regu dan ketua rombongan.

Kegiatan ini sekaligus mengenalkan 10 petugas kelompok terbang (kloter) yang akan membawa calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang. Khususnya petugas Kloter 82 dan Kloter 83 yang terdiri atas petugas IPHI, BPHI, PKHI, paramedis sekaligus tim pendamping haji daerah.

Melalui pembekalan ini diharapkan para ketua regu dan ketua rombongan dapat memahami tugasnya selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

Karena pembekalan ini berkaitan tugas pokok untuk melayani jamaah calon haji dengan baik. Secara tupoksi ketua regu bertugas membantu ketua rombongan. Sedangkan ketua rombongan membantu petugas kloter.

“Jika semua telah memahami tupoksi masing- masing, Insya Allah semuanya dapat terlayani dan terkoordinasi dengan baik dalam mendukung kkelancaran ibadah haji,” tegasnya.

Tuafiq menambahkan, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, jumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang yang akan diberangkatkan mencapai 582 orang, yang akan terbagi dalam tiga kloter.

Mereka terbagi dalam tiga kloter, yakni kloter 81, 82 dan kloter 83. Untuk kloter 82 semuannya merupakan calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang. Sedangkan kloter 83 merupakan gabungan dengan calon  haji dari Kota Semarang.

Sedangkan kloter 81 hanya ada tiga orang calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang. “Merejka digabung dengan calon jamaah haji asal Kota Salatiga dan Kabupaten Grobogan,” jelasnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement