Ahad 07 Jul 2019 07:02 WIB

Ratusan Jamaah Haji Kloter 1 Pondok Gede Diberangkatkan

Mereka bertolak ke Tanah Suci melalui bandara Soekarno-Hatta

Rep: Ali Yusuf / Red: Hasanul Rizqa
Jamaah haji (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Jamaah haji (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 390 orang jamah haji kelompok terbang (kloter) 1 Jakarta Pondok Gede (JKG) dijadwalkan bertolak ke Tanah Suci hari ini pukul 08.00 WIB dari bandara Soekarno-Hatta. Mereka dijadwalkan tiba di Bandara Madinah Pukul 13.20 waktu setempat.

 

Baca Juga

 

Sebelum diberangkatan ke bandar udara, jamaah yang sudah tiba di embarkasi Pondok Gede, Jakarta, sejak sore ini, dilepas secara simbolis oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan Pukul 03.00 WIB.

 

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Jakarta Pondok Gede Tabroni mengatakan, pelaksanaan oprasional penyelenggaraan ibadah haji di Jakarta Pondok Gede dimulai saat jamaah diberangkatkan pada tanggal 7 Juli sampai dengan 5 Agustus 2019.

 

"Kemudian pemulangan mulai dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 14 September tahun 2019," kata Tabroni saat menyampaikan laporannya pada saat pelepasan jamaah, Ahad (7/7) pukul 03.00 pagi.

 

Tabroni yang juga menjabat Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag DKI Jakarta ini menyampaikan, kepulang gelombang pertama dimulai dari kloter 1 sampai 4. Gelombang kedua dimulai dari kloter 25 sampai dengan kloter 65. 

 

Pada musim haji tahun 2019 ini, jumlah jamaah dan petugas kloter yang diberangkatkan melalui embarkasi Jakarta Pondok Gede, sebanyak 25.800 jamaah.

 

"Yang terdiri dari 3 Provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten dan Lampung," katanya.

 

Tabroni menyampaikan, tahun ini usia termuda jamaah haji berusia 18 tahun asal Provinsi DKI Jakarta yang tergabung dalam kloter 1 JKS. Sementara jamaah haji paling tua usianya 95 tahun asal Jakarta Pusat.

 

"Jamaah tertua ini tergabung dalam kloter 3 JKS," katanya.

 

Tabroni mengatakan, pada tahun ini inovasi peningkatan pelayanan di embarkasi Jakarta Pondok Gede adalah dengan memberikan pelayanan langsung kepada jama terhadap tas handbag yang langsung diantar ke penginapan.

 

"Atau gedung masing-masing dengan harapan tidak menyusahkan jamaah haji pada saat anteri di penerimaan tetap dengan sistim one stop service yang sudah ada," katanya.

 

Selain itu fasilitas lainnya yang diterima jamaah haji selama jamaah berada di embarkasi adalah, mendapat layanan konsumsi tiga kali makan, dan dua kali snack atau makanan ringan. Juga diberikan pemantapan kepada kepala regu dan kepala rombongan. 

 

"Serta penetapkan terakhir manasik bagi seluruh jamaah haji," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement