397 Jamaah Haji Karawang Bertolak ke Tanah Suci

Ahad , 07 Jul 2019, 22:03 WIB Reporter :Ita Nina Winarsih/ Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Ilustrasi.

IHRAM.CO.ID, KARAWANG -- Isak tangis keluarga mewarnai pelepasan jamaah haji asal Kabupaten Karawang, Ahad (7/7). Sebanyak 397 jamaah, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7 Jabar ini, meninggalkan kampung halaman untuk bertolak ke tanah suci.

 

Terkait

Ratusan jamaah ini, diberangkatkan dengan menggunakan delapan bus menuju embarkasi Bekasi.

Sekda Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, mengatakan, 397 jamaah haji ini, merupakan rombongan pertama yang berangkat dari Karawang. Jamaah ini, dilepas dari Plaza Pemkab Karawang menuju embarkasi.

"Saya harap jamaah asal Karawang ini saling menjaga satu sama lain," ujar Acep dalam pesannya di hadapan jamaah haji tersebut, Ahad (7/7).

Tak hanya itu, Acep juga mengingatkan supaya jamaah yang berusia muda tak segan membantu jamaah lansia. Mengingat, saling membantu ini merupakan ladang amal yang tak boleh disia - siakan.

Karena itu, pihaknya ingin jamaah yang usia muda bisa memberikan perhatian pada jamaah lansia. Mulai dari hal kecil, seperti menuntun mereka ke toilet, mengambilkan makanan, atau bantuan lainnya.

Apalagi, lanjut Acep, pada musim haji tahun 2019 ini, sejumlah jamaah asal Karawang bakal dimanjakan dengan program fast track. Alhasil jamaah bakal menghemat waktu setibanya di bandara Arab Saudi, maupun saat berangkat dari Jakarta.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karawang, Sopyan, mengatakan, dengan program fast track, jamaah tak berlama-lama diperiksa saat akan naik bus. Melainkan, selepas turun dari pesawat, jamaah langsung naik ke dalam bus.

"Tahun ini, Insya Allah pelayanan akan lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Sopyan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini