Senin 09 Jul 2018 17:47 WIB

Kesehatan Faktor Penting Pelaksanaan Haji

Banyak calhaj secara ekonomi mampu namun kondisi kesehatan tak memungkinkan.

Rep: Febrian/ Red: Agung Sasongko
Keberangkatan Calon Haji Jawa Barat. Sejumlah jamaah membeli perlengkapan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/7).
Foto: Fakhri Hermansyah
Keberangkatan Calon Haji Jawa Barat. Sejumlah jamaah membeli perlengkapan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/7).

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat Alwis hari ini, Selasa (9/7) mewakili Pemprov melepas keberangkatan jamaah haji kloter III dari Embarkasi Padang. Alwis melepas 388 jamaah yang terdiri dari 359 jamaah asal Kabupaten Agam dan 23 jamaah dari Kota Padang.

Alwis menyebut, jamaah yang sudah berangkat sangat beruntung karena kesempatan berhaji tidak dipunyai semua orang Islam. Salah satu faktor penting menurut Alwis adalah kesehatan.

"Ada banyak orang yang punya finansial dan mau mendaftar, tapi kondisi kesehatannya tidak mengizinkan. Maka kita harus bersyukur atas nikmat kesehatan," kata Alwis.

Alwis menambahkan ada juga orang yang punya uang yang cukup, tapi tidak melaksanakn haji. Orang seperti ini menurut Alwis karena belum mendapat hidayah dan panggilan dari Allah SWT.

Sekda kemudian menceritakan tentang tiga tipe berhaji berdasarkan sejarah dan pengalaman orang yang sudah haji. Pertama, Haji panggilan Nabi Ibrahim AS. Haji ini kata dia ditandai dengan sikap seorang jamaah tersebut suda berbuat kebaikan sebelum berangkat haji. Sepulang dari menunaikan ibadah haji, kebaikan yang ia lakukan tidak putus-putus.

Kedua adalah haji panggilan para malaikat. Haji ini kata Alwis ditandai dengan ketika jamaah haji berangkat sampai kembali ke tanah air, dia dijemput oleh malaikat. Ketiga lanjut Alwis adalah haji setan atau iblis. Haji ini ditandai dengan ketika berangkat suka berbuat dosa dan setelah berhaji tetap saja berbuat dosa.

"Selamat kepada jamaah haji semoga selamat pulang dan pergi, sukses dalam menjalan rangkaian ibadah dan tetap menjaga kesehatan," ujar Alwis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement