Jumat 12 Jul 2019 17:53 WIB

345 Calhaj Yogyakarta Berangkat ke Tanah Suci Besok

Calhaj Yogyakarta didominasi para lanjut usia.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Nashih Nashrullah
Pemberangkatan Pertama Embarkasi Solo. Pesawat siap membawa jamaah calon haji kloter pertama asal embarkasi Solo di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (7/7/2019).
Foto: Republika/ Wihdan
Pemberangkatan Pertama Embarkasi Solo. Pesawat siap membawa jamaah calon haji kloter pertama asal embarkasi Solo di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (7/7/2019).

IHRAM.CO.ID, YOGYAKARTA—Sebanyak 354 calon jamaah haji Kota Yogyakarta yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 21 SOC berangkat dari Balai Kota Yogyakarta. Para calhaj masuk ke Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta, Octo Noor Arafat, berharap calhaj mampu mengikuti rangkaian ibadah haji dengan tenang dan khusyuk.  

Baca Juga

Dia meminta jamaah tidak merisaukan segala yang ditinggalkan di Tanah Air. Meski jamaah calhaj tahun ini didominasi lansia, Octo mengaku optimis mereka bisa menjalani proses dengan lancar. "Meski lansia, tapi saya yakin mereka lansia yang sehat," kata Octo di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (12/7).

Dia mendoakan calhaj senantiasa diberikan kesehatan agar bisa menjalankan ibadah haji secara sempurna dan mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya dan jadi haji mabrur. 

Octo berpesan kepada jamaah senantiasa menjaga kondisi kesehatan selama menjalankan ibadah. Sebab, pelaksanaan rukun-rukun ibadah haji memang banyak menguras tenaga. Pihaknya akan memantau perkembangan secara berkala untuk mengetahui kondisi jamaah selama di tanah suci. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Nur Abadi, menuturkan calhaj akan berangkat dari Asrama Haji Donohudan Sabtu (13/7). Besok, mereka akan langsung menuju Madinah.

Keberangkatan akan dilakukan dari Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo Solo. Dari sana, akan langsung menuju Bandara Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah.

Tahun ini, calhaj asal Kota Yogyakarta yang berangkat ke tanah suci sebanyak 499 orang ditambah tiga petugas daerah. Jamaah akan terbagi dalam empat kelompok terbang.

Pertama, Kloter 21 SOC dengan 354 calhaj yang seluruhnya berasal dari Kota Yogyakarta. Kedua, Kloter 22 SOC dengan 92 calhaj yang akan bergabung dengan jamaah dari kabupaten-kabupaten lain.

Selanjutnya, Kloter 96 SOC yang terdiri dari enam calhaj yaitu empat calhaj reguler ditambah dua calhaj cadangan dan Kloter 97 SOC dengan 49 calon haji. "Kloter pertama dari Kota Yogyakarta sudah menuju Asrama Haji Donohudan pukul 03.30 tadi, dan kloter kedua pada pukul 14.00 hari ini menuju Asrama Haji Donohudan di Boyolali," kata Nur.

Sedangkan, untuk Kloter 96 SOC dan 97 SOC, akan diberangkatkan dari Yogyakarta pada 4 Agustus 2019 mendatang. Rencananya, mereka akan terbang ke Jeddah keesokan harinya. (Wahyu Suryana)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement