Ahad 14 Jul 2019 18:57 WIB

PPIH Daker Makkah Inspeksi Hotel untuk Jamaah Haji

Inspeksi ini untuk mengecek kesiapan hotel tempat menginap jamaah haji asal Indonesia

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Hasanul Rizqa
Ilustrasi jamaah haji
Foto: Republika/mgrol101
Ilustrasi jamaah haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi daerah kerja (daker) Makkah sudah menyiapkan hotel yang akan dijadikan tempat menginap untuk jamaah haji asal Indonesia. Total hotel yang disediakan mencapai 173 unit.

Untuk memastikan kesiapan seluruh hotel itu, PPIH Arab Saudi Daker Makkah melakukan inspeksi atau pengecekan ke hotel yang akan ditempati jamaah. Salah satunya ialah Hotel Al Oksh di kawasan Mahbas Jin Sektor 6.

Baca Juga

Hotel ini akan ditempati pertama kali oleh jamaah haji Indonesia kloter Surabaya 1. Di mana, jamaah kloter ini diperkirakan akan tiba di Makkah pada Ahad (14/7) pukul 20.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Inspeksi ini dipimpin oleh Kepala Daker Makkah Subhan Cholid dan didampingi oleh Kasie Akomodasi Daker Makkah Abduh Dhiya'ur R. Secara umum, tidak ditemukan ada yang kurang dari kesiapan hotel ini.

Ada sejumlah fasilitas di hotel ini. Di antaranya adalah setiap pintu yang ditempel stiker kapasitas kamar dan nama penghuninya. Berikutnya, ada petunjuk yang memilah antara kamar laki-laki atau perempuan.

"Data-data itu ditempel berdasarkan data siskohat haji," kata Abduh.

Kemudian, di dalam kamar ada kasur empuk yang masing-masing dilengkapi oleh satu helai handuk. Adapun kapasitas di sini ada yang empat orang, lima orang, dan maksimal lima orang.

Di dalam kamar juga akan di sediakan setiap hari satu orang satu botol air mineral ukuran satu liter. Air minum ini diberikan selama jamaah berada di Makkah.

Kemudian, ada satu ruang kamar mandi di setiap kamar dan sudah ada beberapa fasilitasnya. Di antaranya, sabun dan sampo.

Untuk kunci kamar hotel, ada yang berupa kartu dan ada yang berupa kunci logam.

Fasilitas lainnya yaitu pihak hotel menyediakan kotak penyimpan untuk barang berharga di setiap kamar atau di receptionist. Hotel juga memiliki ruang pertemuan dan shalat.

Selain itu, ada penjaga keamanan, petugas kebersihan, dan petugas angkut koper jamaah dari lobi ke depan kamar. Di setiap lorong hotel juga disediakan kulkas besar yang bisa dimanfaatkan untuk jamaah.

Menurut Abduh, fasilitas ini relatif sama dengan hotel-hotel lainnya. Karena, dalam pemilihan hotel, PPIH menetapkan standar yang sama. "Ya, relatif sama standar 173 hotel di 11 sektor yang disewa untuk pemondokan jamaah," kata Abduh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement