Senin 15 Jul 2019 14:20 WIB

7 Juta Botol Zamzam Dibagikan untuk Jamaah Haji Tahun ini

Air zamzam dibagikan untuk menyambut jamaah haji.

Rep: Rahma Sulistya / Red: Nashih Nashrullah
Sukarelawan pembagi air zamzam.
Foto: Uttiek M Panji Astuti
Sukarelawan pembagi air zamzam.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH — Para jamaah haji yang tiba di Arab Saudi tampak disambut dengan diberikan satu botol air zamzam yang telah dibacakan doa. Rencananya, beberapa botol air zamzam lainnya juga akan dibagikan di tempat akomodasi para jamaah, yakni Mekkah.

Para jamaah yang tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, akan diberikan air Zamzam, dan akan diberikan lagi pada saat hendak melewatu pintu masuk ke Mekkah.

Baca Juga

Wakil Ketua Kantor Zamazmah Bersatu, Amir Obaid, mengatakan tahun ini pihaknya akan menerapkan tiga program kerja untuk menyediakan para tamu Allah dengan air yang telah dibacakan doa.

Dia mengatakan program pertama akan dimulai di dua titik pusat bimbingan di jalan tol Makkah-Jeddah dan Makkah-Madinah.

“Ada sekitar 134 pekerja lapangan direkrut untuk mendistribusikan air zamzam untuk para jamaah di dua titik pusat itu, dan telah disiapkan empat kamar pendingin untuk menjaga air tetap dingin,” kata Obaid.

Dia mengatakan, pihaknya juga telah membuat semacam atap di atas tumpukan karton dus botol untuk melindungi dari panas. Selain itu, pihaknya juga menambahkan dua katrol yang akan digunakan untuk mengangkat 3,3 juta kontainer air zamzam dengan berat 200 miligram per botol. 

“Pada program kedua, 200 miligram wadah air zamzam akan didistribusikan di antara para jamaah di tempat-tempat akomodasi mereka di Makkah dengan mengerahkan sekitar 770 pekerja lapangan,” ungkap Obaid.

Nantinya, akan ada 99 truk untuk mendistribusikan sebanyak 1,6 juta kontainer air zamzam di antara jamaah haji selama musim haji. Dan program ketiga, baru akan dimulai pada akhir musim haji dimana lebih dari 2,4 juta kontainer air zamzam dengan berat 200 mg per botol, akan diberikan kepada para jamaah sebelum mereka kembali ke negara masing-masing.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement