Selasa 16 Jul 2019 17:20 WIB

Ribuan Peziarah Kunjungi Percetakan Alquran

Pencetakan Alquran King Fahad milik Pemerintah sudah memproduksi 300 juta Alquran,

Percetakan Alquran King Fahad di Madinah
Foto: Republika/Syahruddin el-Fikri
Percetakan Alquran King Fahad di Madinah

IHRAM.CO.ID, Oleh: Syahruddin El-Fikri Dari Madinah, Arab Saudi

MADINAH---Pencetakan Alquran King Fahad milik Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang berlokasi di Madinah terkenal sebagai Pusat Percetakan Alquran Terbesar di dunia. Lembaga ini memproduksi sebanyak 18 juta eksemplar setiap tahun. Dan salinannya diterjemahkan ke dalam 78 bahasa , seperti Prancis, Urdu Turki, termasuk Bahasa Indonesia.

Juru Bicara dan Pengawas Percetakan Alquran King Fahad, Hasan Al-Harb, mengatakan, lembaga ini didirikan  pada tahun 1980-an. Dan secara umum, sudah memproduksi 300 juta eksemplar Alquran dan mendistribusikannya ke berbagai negara di seluruh dunia.

Sebagai lembaga percetakan Alquran dalam jumlah banyak, lembaga ini banyak dikunjungi peziarah atau umat Islam. “Setiap harinya di musim haji ini, rata-rata pengunjung sebanyak 2.500-3.000 orang,” kata Hasan. Adapun hari biasa, sekitar 1.000-an peziarah.

 

Pada Selasa (16/7), saat Republika dan tim Media Center Haji (MCH) 2019 berkunjung ke percetakan tersebut, banyak jamaah juga turut datang. Di antaranya dari Kloter 17 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), jamaah dari Padang, dari India, dan Turki.

Beberapa jamaah tampak antusias mengunjungi tempat percetakan Alquran ini. Apalagi, saat mereka kembali ke bus yang mengantar, setiap peziarah diberi satu mushaf Alquran, sesuai dengan daerah atau negara pengunjung.

Salah seorang petugas percetakan bahkan sangat senang dengan kehadiran peziarah tersebut. Dalam perbincangan dengan Republika, petugas yang bernama Saleh itu mengatakan, jamaah Indonesia sangat bagus. “Sangat bagus. Terima kasih sudah datang ke sini,” ujarnya dalam bahasa Indonesia yang patah-patah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement