Jumat 19 Jul 2019 02:08 WIB

Kantor Haji Daker Madinah Terima Puluhan Kursi Roda

Tiap kloter jamaah haji acap kali diisi jamaah yang mesti dibantu dengan kursi roda

Rep: Syahruddin El-Fikri/ Red: Hasanul Rizqa
Seorang petugas membantu jamaah yang menggunakan  kursi roda saat tiba di pemondokan di Madinah, Rabu (17/7)  pagi waktu Arab Saudi. Rata-rata sekitar 20-25 jamaah dalam setiap kloter menggunakan kursi roda.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Seorang petugas membantu jamaah yang menggunakan kursi roda saat tiba di pemondokan di Madinah, Rabu (17/7) pagi waktu Arab Saudi. Rata-rata sekitar 20-25 jamaah dalam setiap kloter menggunakan kursi roda.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi, setiap hari sedikitnya menerima 20 hingga 25 unit kursi roda. Seluruhnya diperuntukkan bagi jamaah haji per sektor. Hal itu disampaikan Anang Wisnu, Kepala Seksi Perlindungan Jamaah (Linjam) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2019 di Madinah, Kamis (18/7).

Kantor Misi Haji Indonesia (Maktab al-Syu’un al Hujjaj Indunisiya) terletak sekitar 500 meter dari Masjid Nabawi. Kantor ini menjadi lokasi seluruh operasional PPIH Arab Saudi untuk daerah kerja (daker) Madinah dan Bandar Udara.

“Rata-rata 20-25 kursi roda yang kami terima dan selanjutnya diserahkan ke hotel tempat pemondokan jamaah berada,” ujar Anang, kepada Ihram.co.id, Kamis (18/7).

Ia menjelaskan, kursi roda itu dikirimkan ketika tiba di Bandar Udara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. Selanjutnya, tim atau petugas haji di Bandara Madinah akan mengirimkannya ke Daker. Akhirnya, kursi-kursi roda diserahkan kepada sektor tempat jamaah berada.

Ada lima sektor di wilayah Madinah. Semuanya terletak di wilayah Markaziyah Masjid Nabawi. Dengan begitu, jaraknya tidak terlalu jauh antara pemondokan dan Masjid. Namun, tak jarang jamaah yang kedapatan terpisah dari rombongannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement