Embarkasi Padang Berangkatkan 6.999 Calon Jamaah Haji

Rabu , 24 Jul 2019, 16:21 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Ibadah haji di Makkah (ilustrasi)
Ibadah haji di Makkah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Sebanyak 6.999 orang calon jamaah haji asal Sumatra telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Padang. Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Kantor Wilayah Sumatra Barat, Efrizal.

 

Jumlah itu terdiri atas 4.991 jamaah dari Sumatera Barat dan 1.918 jamaah asal Bengkulu serta 90 petugas kelompok terbang (Kloter). "Jamaah riil jamaah haji dari Embarkasi Padang sebanyak 6.999 orang," kata Efrizal kepada Ihram.co.id, Rabu (24/7).

Terkait

Efrizal menjelaskan data awal jumlah jamaah haji yang dijadwalkan berangkat dari Embarkasi Padang sebanyak 7.057 orang. Sebanyak 5.027 jamaah dari Sumatra Barat dan 1.940 asal Bengkulu. Petugas kloter yang disiapkan sebanyak 90 orang.

Baca Juga

Namun setelah total 18 kloter yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau, terdapat 58 jamaah yang keberangkatannya harus dibatalkan. 13 jamaah batal karena halangan sakit, 11 jamaah batal karena meninggal dunia, 2 jamaah batal karena mendampingi mahram dan 32 jamaah batal berangkat karena alasan lainnya.

Mengenai slot milik jamaah yang meninggal dunia, kata Efrizal pihaknya menyerahkan kepada pusat untuk pengelolaannya. Sementara bagi jamaaj yang masih terbaring sakit, masuk ke dalam daftar tunggu untuk diberangkatan tahun depan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini