Pembinaan Kesehatan Haji Bermanfaat Bagi Jamaah

Jumat , 26 Jul 2019, 02:54 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Agung Sasongko
Petugas kesehatan memberi perawatan calon haji yang sakit di Rumah Sakit KKHI Mekkah, Arab Saudi, Minggu (21/7/2019).
Petugas kesehatan memberi perawatan calon haji yang sakit di Rumah Sakit KKHI Mekkah, Arab Saudi, Minggu (21/7/2019).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menilai pembinaan kesehatan haji sangat bermanfaat bagi kesehatan jamaah. Selama di Tanah Suci pembinaan kesehatan dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

 

Kepala Sektor 7 Makkah Amar manaf mengatakan, kegiatan pembinaan kesehatan sangat bermanfaat secara luas. Selain dapat menyehatkan, kegiatan ini juga dapat membangun hubungan harmonis antara jamaah dan petugas.

Terkait

"Karena tidak hanya aspek kesehatan jamah haji tapi sekaligus membangun keakraban, kekompakan dan kebersamaan karena dihadiri oleh jamah haji dari berbagai kloter," kata Amar Manaf saat menyampaikan laporannya kepada Kepala Pusat Kesehatan Haji, Eka Jusup Singka, Kamis (25/7).

Baca Juga

Amar menyampaikan telah dilaksanakannya kegiatan pembinaan kesehatan haji oleh TKHI kepada Kapuskes Haji Eka Jusup di Jakarta. "Dapat kami sampaikan kegiatan  pembinaan kesehatan haji oleh TKHI pada kloter JKS 46 dan 49  yang bersamaan pada acara Majelis Manasik Haji sektor 7," katanya.

Kepada Eka, Amar menyampaikan, bahwa kegiatan pembinaan kesehatan haji ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan pembinaan ibadah yang dikemas pada program Majelis Manasik Haji.

Amar menuturkan, kegiatan pembinaan dilakukan di 15 hotel yang ditempati jamah haji sektor 7. Pembinaan kata dia dilakukan setiap selesai shalat Zuhur atau selesai shalat Magrib dan terjadwal setiap hari yang melibatkan petugas kloter, KBIH dan jamah haji yang dipusatkan di Mushallah setiap hotel.

Menerima laporan tersebut Eka mengaku senang dan memberikan apresiasi. Menurutnya pembinaan kesehatan bisa dilakukan selain petugas kesehatan.

"Alhamdulilah Ya Allah," katanya.

Melalui kesempatan itu juga, Eka menitip pesan kepada Kasektor Amar Manaf untuk disampaikan kepada jamaaah, supaya tidak lupa makan buah-buahan. Sehingga kebutuhan nutrisi terpenuhi.

"Mohon juga diminta jamaah makan buah-buahan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini