Sabtu 27 Jul 2019 19:30 WIB

Agar Alas Kaki tak Hilang di Masjid al-Haram

Penggunaan alas kaki kepada jamaah agar risiko kaki melepuh tidak terjadi.

Haji
Foto: AP/Hassan Ammar
Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah diminta untuk selalu menggunakan alas kaki saat keluar dari Masjid al-Haram dan tidak memaksakan diri untuk pulang tanpa alas kaki, jika kehilangan sandal setelah beribadah.

Komandan Tim Gerak Cepat (TGC) Dr Erwinsyah di Kota Makkah selalu menekankan pentingnya penggunaan alas kaki kepada jamaah agar risiko kaki melepuh tidak terjadi.

"Penting untuk mencegah terjadinya kaki melepuh, karena sering didapati jamaah yang memaksa pulang jalan tanpa alas kaki," katanya di Makkah, Sabtu.

Ia pun memberikan tips khusus kepada jamaah agar tidak kehilangan sandal atau alas kaki di Masjid al-Haram, Makkah, untuk mengantisipasi risiko kaki melepuh akibat berjalan tanpa alas kaki.

"Tips agar jamaah tidak kehilangan sandal yakni senantiasa membawa kantong kresek atau tas khusus untuk tempat alas kaki, kedua sandal dibuka saat di depan pintu masuk masjid dan dimasukkan dalam kantong, dibawa masuk ke dalam Masjid al-Haram, jangan ditaruh di luar," katanya.

Kemudian, simpan alas kaki di samping atau di depan tempat sujud saat beribadah di dalam masjid. "Ketika ada jamaah kehilangan sandal, tim TGC sudah menyiapkan sandal pengganti dengan beberapa ukuran," katanya.

Maka ia mempersilakan jamaah untuk segera menghubungi petugas yang selalu bersiaga di pintu-pintu menuju terminal bus saat jamaah kehilangan alas kaki.

Pria yang akrab disapa Dr Erick Blue itu menilai kehilangan alas kaki biasanya terjadi saat sandal diletakkan di luar pintu masjid dan jamaah terlupa untuk keluar melalui pintu yang sama.

"Kadang jamaah juga menitipkan ke teman serombongan alas kakinya dan saat pulang mereka terpisah,"katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement