Keberangkatan 409 Calhaj Indramayu Dilepas Bupati Supendi

Selasa , 30 Jul 2019, 22:35 WIB Reporter :Lilis Sri Handayani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Sejumlah jamaah haji asal kloter 30 embarkasi Jakarta-Bekasi dan siap berangkat menuju Makkah, di Bursa Ali, Madinah,Rabu (24/7). Jamaah yang berangkat dari Madinah menuju Makkah, mengambil miqat dan berniat ihram di Bir Ali.
Sejumlah jamaah haji asal kloter 30 embarkasi Jakarta-Bekasi dan siap berangkat menuju Makkah, di Bursa Ali, Madinah,Rabu (24/7). Jamaah yang berangkat dari Madinah menuju Makkah, mengambil miqat dan berniat ihram di Bir Ali.

IHRAM.CO.ID, INDRAMAYU – Sebanyak 409 calon jamaah haji (calhaj) yang tergabung dalam kloter 082-JKS Kabupaten Indramayu dilepas Bupati Indramayu, Supendi, Selasa (30/7). Pelepasan para calon tamu Allah SWT itu dilakukan di halaman pendopo setempat.

 

Disaksikan oleh ribuan pengantar, para calhaj berangkat menggunakan bus menuju ke Embarkasi Bekasi. Mereka selanjutnya akan diterbangkan melalui Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. 

Terkait

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu, Sofandi, menyebutkan jumlah total calhaj asal Indramayu yang telah terdaftar mencapai 28.561 orang. Sedangkan kuota keberangkatan tahun  ini hanya 1.835 orang.   

Baca Juga

''Dengan jumlah tersebut, maka antrean untuk pemberangkatan haji di Kabupaten Indramayu harus menunggu kurang lebih 16 tahun,'' kata Sofandi.  

Sementara itu, Bupati Indramayu,  Supendi, menyatakan, para calhaj yang bisa berangkat pada tahun ini harus bersyukur dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk beribadah semaksimal mungkin. Selain karena antrean yang cukup lama, pemberangkatan haji juga merupakan panggilan dan anugerah dari Allah SWT. 

''Bersyukurlah bagi calon haji yang bisa berangkat tahun ini, diluar sana masih banyak yang harus sabar menunggu sampai 16 tahun,'' kata Supendi.  

Supendi berpesan agar para calhaj bisa menjaga kesehatan selama di tanah suci. Mereka pun diminta agar mendoakan kemajuan Kabupaten Indramayu.  

Seperti diketahui, pemberangkatan haji kloter 82 pada Selasa ini merupakan pemberangkatan haji ke-4 kalinya oleh Bupati Indramayu. Sebelumnya, pada Kamis (18/7) telah diberangkatan jamaah calon haji kloter 41 dengan jumlah 403 orang, Selasa (23/7) memberangkatkan 404 orang yang tergabung dalam kloter 58, dan pada Sabtu (27/7) telah diberangkatkan 220 orang calon haji yang tergabung dalam kloter 71. 

Sementara satu pemberangkatan terakhir tergabung dalam kloter 94 akan diberangkatkan pada Sabtu (3/8) dengan jumlah jamaah calon haji sebanyak 402 orang.  

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini