Rabu 31 Jul 2019 06:22 WIB

Amirul Hajj Sampaikan Dukacita Wafatnya Kakak Raja Salman

pada Senin (29/7) malam waktu Arab Saudi, kakak dari Raja Salman meninggal dunia

Amirul Hajj Indonesia Menag Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara King Abdulaziz Jeddah, Sabtu (11/8). Ia menyempatkan diri meninjau keberangkatan jamaah dalam kesempatan itu.
Foto: REPUBLIKA/Fitriyan Zamzami
Amirul Hajj Indonesia Menag Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara King Abdulaziz Jeddah, Sabtu (11/8). Ia menyempatkan diri meninjau keberangkatan jamaah dalam kesempatan itu.

IHRAM.CO.ID, Oleh Syahruddin El-Fikri Dari Makkah, Arab Saudi

MAKKAH—Rombongan Amirul hajj Lukman Hakim Saifuddin telah tiba di Jeddah pada Selasa (30/7) sore, sekitar pukul 17.00 waktu Arab Saudi, atau sekitar pukul 21.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Lukman Hakim yang juga Menteri Agama ini didampingi 12 orang delegasi. Amirul Hajj nanti akan bertindak sebagai Ketua Misi Haji Indonesia 2019 saat penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 M.

Di Tanah Suci, Menag bersama rombongan akan memantau kesiapan dan pelaksanaan ibadah haji 2019, baik di Jeddah, Makkah, dan Madinah. Tiba di Jeddah, Amirul Hajj sempat bersilaturahim dengan pejabat Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Amirul hajj menambahkan, pihaknya akan menemui sejumlah pihak di Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji Indonesia. “Ya, ada beberapa yang akan kami temui, seperti muassasah, pejabat terkait, juga akan diupayakan bertemu dengan Gubernur Makkah,” terang Menag Lukman kepada tim Medica Center Haji (MCH), di Jeddah, Selasa (30/7).

Dalam kesempatan ini, Menteri Agama menyampaikan belasungkawa atas wafatnya kakak dari Raja Salman. “Kita semua ikut berduka atas wafatnya beliau (Kakak Raja Salman, red). Kita doakan semoga Allah mengampuni segala kesalahan dan kekhilafan, serta diterima amal kebajikannya, dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ujar Menag.

Sebagaimana diketahui, pada Senin (29/7) malam waktu Arab Saudi, saudara atau kakak dari Raja Salman meninggal dunia. Sebagai penghormatan, beberapa ruas jalan di sekitar kompleks Istana Kerajaan Arab Saudi, dan tempat almarhum dilakukan penutupan.

Atas hal ini, Menag menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepergiaan kakak dari Raja Salman. “Mudah-mudahan dengan wafatnya beliau, akan ada penerus yang melanjutkan apa yang selama ini diperbuat. Dan khususnya dalam meningkatkan pelayanan haji,” ujar Lukman.

Turut mendampingi Amirul hajj 12 anggota rombongan, yang terdiri atas dua wakil, yakni A. Bunyamin Ruhiyat (PB NU); dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah), dan seorang sekretaris (M. Muchlis Hanai).

Selain itu, Amirul Hajj juga akan didampingi delapan anggota yang merupakan perwakilan ormas seperti Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (Jatman), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes), serta dua orang staf kesekretariatan, yakni Ahmad Zayadi (Kemenag), dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement