Kamis 01 Aug 2019 17:34 WIB

Lebih dari 1,2 Juta Jamaah Haji Telah Tiba di Tanah Suci

Kemajuan layanan yang diberikan oleh pemerintah Saudi diapresiasi.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Haji
Foto: AP/Hassan Ammar
Haji

IHRAM.CO.ID,  RIYADH -- Jumlah jamaah haji yang telah tiba di Arab Saudi sejak awal musim haji 2019 telah mencapai 1.249.951. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Paspor Saudi, seperti dilansir di Arab News, Kamis (1/8), sebanyak 1.169.204 jamaah datang ke Kerajaan dengan menggunakan transportasi udara. Sementara sebanyak 67.198 jamaah haji masuk ke Saudi melalui jalur darat, dan sebanyak 13.549 tiba melalui jalur laut.

Pemerintah Arab Saudi memang memiliki prioritas, yang salah satunya mengembangkan organisasi dan layanan haji dan umrah di Kerajaan. Dari rencana reformasi Visi 2030 negara ini, Saudi bertekad untuk menarik lebih dari 30 juta jamaah umrah, serta memberikan layanan yang sangat baik bagi jamaah.

Menurut angka dari Departemen Paspor Saudi, tahun lalu ada lebih dari 1,75 juta jamaah dari luar negeri melaksanakan ibadah haji. Kemajuan layanan yang diberikan oleh pemerintah Saudi lantas mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Salah satunya dari kepala Misi Haji Turki, Mohamed Zaid Ouzel.

Ia memuji perkembangan di Makkah dan Madinah dan di Dua Masjid Suci, di samping layanan berkualitas tinggi yang disediakan bagi jamaah untuk melakukan ritual haji mereka. Dia mengatakan, bahwa Kerajaan telah memusatkan perhatiannya untuk melayani jamaah dan menyediakan standar tinggi dari keamanan dan layanan kesehatan. (Kiki Sakinah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement