Kamis 01 Aug 2019 20:53 WIB

Tahun ini Jamaah Haji Bisa Nikmati Layanan Internet 5G

Layanan internet 5G diluncurkan Gubernur Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal

Rep: Kiki Sakinah/ Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Jaringan internet 5G. Ilustrasi
Foto: CNN
Jaringan internet 5G. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Gubernur Makkah, Pangeran Khaled Al-Faisal, meluncurkan layanan jaringan generasi-kelima (5G) di Makkah, Arab Saudi, pada Rabu (31/7) waktu setempat. Peresmian itu juga dilakukan dengan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi, Abdullah Al-Sawaha.  

Dilansir di Arab News, Kamis (1/8), layanan jaringan 5G ini merupakan fase kedua dari prakarsa 'Haji Pintar'. Inisiatif ini bertujuan untuk menyediakan layanan yang inovatif bagi jamaah melalui berbagai platform digital.  

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Al-Sawaha mengungkapkan laporan terperinci yang mencantumkan persiapan dari Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi serta program-program baru untuk musim haji tahun ini. 

Laporan itu mengungkapkan, bahwa  Komisi Teknologi Informasi dan Komunikasi serta perusahaan telekomunikasi telah memperkuat jaringan untuk membantu jamaah yang mengunjungi tempat-tempat suci.  

Dia juga membahas rencana operasional untuk sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta persiapan teknis. Al-Sawaha mengatakan, peluncuran teknologi 5G di Makkah akan menciptakan 37 stasiun yang didistribusikan di wilayah pusat dan di situs-situs suci. Dalam rangka mencapai tingkat jangkauan dan kecepatan tertinggi, jaringan 4G akan tetap tersedia untuk memperkaya pengalaman digital bagi jamaah.  

Dia mengatakan, jaringan 5G datang dalam kerangka kerja sektor TIK. Di samping itu juga didukung upaya semua lembaga pemerintah terkait dan organisasi sektor swasta.   

Peluncuran tahap kedua inisiatif Haji Pintar ini merupakan perpanjangan dari upaya inovatif kementerian yang dilakukan selama musim haji tahun lalu. Upaya tersebut meliputi layanan berkualitas, seperti platform pelatihan untuk mengajar mereka yang ingin membantu jamaah haji, platform realitas virtual untuk membantu jamaah asing melaksanakan ibadah haji, dan platform ponsel cerdas untuk memungkinkan jamaah haji mengunduh aplikasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement