TGC Petakan Jalur Evakuasi Saat Puncak Haji

Ahad , 04 Aug 2019, 04:47 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Suasana Armina.
Suasana Armina.

IHRAM.CO.ID, Laporan Muhammad Hafil dari Makkah, Arab Saudi

 

MAKKAH -- Tim Gerak Cepat (TGC) PPIH Arab Saudi, Sabtu (3/8), melakukan survei ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) yang merupakan lokasi puncak haji. TGC melakukan pemetaan terhadap pos-pos kesehatan dan jalur-jalur evakuasi jamaah dalam keadaan darurat.

Terkait

Baca Juga

"Kami survei Armuzna yang merupakan tempat kerja yang akan ditempati Tim Mobile Crisis Resque (MCR) bersama Linjam, P3JH, dan teman-teman media. Kita survei pertama di Arafah, kita petakan pemondokan serta enam pos kesehatan yang akan menempati pos-pos ad hoc di tengah pemondokan jamaah," kata Koordinator TGC PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Erick Erwinsyah.

Selain itu, Erick mengatakan melakukan jalur darurat untuk evakuasi jamaah. "Jadi begitu ada jamaah, kita tahu mana jalur terdekat evakuasi," kata Erick.

photo

Koordinator Tim Gerak Cepat (TGC) PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Erick Erwinsyah.

Erick mengatakan juga menyurvei pemetaan di jalur Jamarat. "Kami akan melihat titik-titik krusial di mana kami bisa melakukan pertolongan di titik-titik jamaah bisa tumbang dan mungkin kelelahan karena kepanasan," katanya.

Menurut Erick, pemetaan ini dilakukan setiap tahun. Hal tersebut untuk memperbaharui informasi jika terjadi perubahan.

"Misalnya terjadi pemindahan lokasi. Contoh, di Arafah pos ad hoc berubah dari posisi tahun lalu dengan tahun ini, otomatis pos kita juga berubah, jadi kita melihat pos dan jalur evakuasi kita yang baru," kata Erick.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini