Sabtu 17 Aug 2019 23:03 WIB

Dubes RI untuk Saudi Apresiasi Suksesnya Haji Tahun ini

Dubes RI untuk Saudi mengapresiasi semua pihak atas haji tahun ini.

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Nashih Nashrullah
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel (Kedua kanan)
Foto: Republika TV
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel (Kedua kanan)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Arab Saudi,  Agus Maftuh Abegebriel mengapresiasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) atas sukses penyelenggaraan haji 1440H/2019 M.

"Saya apresiasi sukses penyelenggaraan haji tahun ini," kata Dubes saat berbicara pada Exit Meeting sekaligus evaluasi awal penyelenggaraan haji di Kantor Urusan Haji, di Jeddah, Sabtu (17/8) siang. 

Baca Juga

Apresiasi juga diberikan Dubes RI di Saudi atas pertemuan Menag Lukman Hakim Saifuddin dengan Gubernur Makkah yang juga Wakil Ketua Komite Tertinggi Penyelenggaraan Haji Khalid Al Feisal bin Abdul Aziz. Pertemuan itu berlangsung di Imarat-Makkah yang berlokasi di Mina, 12 Agustus 2019. "Saya juga apresiasi pertemuan Menag dengan Gubernur Makkah," katanya.  

Gubernur Makkah adalah penasehat raja, Rais Lajnah Markaziyah (Ketua Komite Haji Pusat) dan Wakil/Naib Lajnat al-Hajj al-Ulya (Wakil Ketua Komite Tertinggi Penyelenggaraan Haji).  

Dalam pertemuan kali pertama antara Menag dan Gubernur Makkah, Lukman meminta penambahan daya tampung tenda-tenda dan toilet di Mina bagi jemaah Indonesia. Usulannya, dengan meningkatkan bangunan tenda dan toilet.  

Kepada Gubernur Makkah, Lukman juga mengusulkan agar layanan fast track diperluas. Tahun ini, layanan tersebut hanya diberlakukan bagi embarkasi Jakarta. "Saya melihat fast track amat berhasil. Saya berharap ini bisa diberlakukan ke semua embarkasi, tahun depan," kata Lukman. 

Lukman tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Makkah atas peningkatan kualitas layanan kepada jemaah haji Indonesia.

Gubernur Makkah merespons positif usulan Menag. Menurutnya, layanan sudah mulai dikembangkan, dari sebelumnya hanya Indonesia dan Malaysia, tahun ini diberlakukan juga Pakistan,  Bangladesh, dan India. Terkait pemberlakuan di seluruh embarkasi di Indonesia, masih dikaji karena menyangkut ketersediaan SDM.  

Berkenaan renovasi Mina, Gubernur Makkah mengatakan bahwa saat ini sudah dibentuk Lembaga atau Dewan Khusus proyek Mina dan Arafah. Dewan ini diketuai langsung Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman.  

Sehari sebelumnya, Lukman  bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Muhammad bin Salih Banten. Dalam pertemuan tersebut, Lukman  juga menekankan semakin mendesaknya kebutuhan memperbanyak daya tampung kapasitas tenda-tenda dan toilet di Mina. Lukman berharap tenda dan toilet di Mina dapat dibangun bertingkat.  

Menteri Haji dan Umrah berjanji akan memperhatikan usulan Indonesia. Menurut Mohammad bin Salih Banten, Pemerintah Arab Saudi benar-benar menaruh perhatian serius kepada Indonesia karena jumlah jamaahnya terbesar di dunia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement