Senin 19 Aug 2019 14:27 WIB

446 Jamaah Haji Kepri Kloter Pertama Tiba di Tanah Air

446 jamaah haji tiba menggunakan Saudi Arabian Airlines.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi jamaah haji tiba di Tanah Air
Foto: Republika/ Wihdan
Ilustrasi jamaah haji tiba di Tanah Air

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 446 jamaah haji Kepulauan Riau (Kepri) kloter pertama sudah tiba di Indonesia. Kepulangan jamaah haji dari Jeddah menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines SV-5700 dengan tipe B 747-400 REG TF -AAJ pada pukul 11.45 WIB. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polana B Pramesti, mengatakan para jamaah tiba di Tanah Air dalam kondisi sehat. "Alhamdulilah, kepulangan jamaah tidak terkendala apapun, lancar, dan jamaah pulang dalam kondisi sehat," kata Polana di Jakarta, Ahad (19/8).  

Baca Juga

Dia menjelaskan kepulangan jamaah haji asal Kepri tidak mengalami kendala dalam penerbangan menuju Indonesia. Lalu selanjutnya, Polana memastikan otoritas bandara terus melakukan ramp check dan memonitor mulai dari keberangkatan hingga kepulangan jamaah.   

"Untuk itu, saya mengimbau kepada seluruh para inspektur penerbangan, operator penerbangan, dan stakeholder terkait lainnya untuk terus melakukan pengawasan dan monitoring kepulangan jamaah, serta berkoordinasi, agar penerbangan selamat, aman, dan lancar," jelas Polana.   

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II, Bintang Hidayat, mengatakan seluruh operasional penerbangan jamaah haji aman dan lancar. Bintang memastikan tidak ada kendala dalam pelaksanaan kedatangan jamaah haji dan langsung diberangkatkan ke asrama haji.   

Bintang menyatakan ramp check terhadap pesawat terus dilakukan untuk memastikan pesawat yang membawa jamaah tersebut laik terbang. "Ini juga untuk memastikan tidak ada kendala sehingga pesawat tersebut dapat diberangkatkan kembali ke Jeddah untuk menjemput jamaah haji yang akan dipulangkan ke tanah air," ungkap Bintang. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement