Selasa 20 Aug 2019 11:15 WIB

Menkes Minta Masyarakat Siapkan Diri Sebelum Berhaji

Menkes mengatakan syarat ibadah haji adalah mampu (isthitaah).

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Agung Sasongko
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek Menyambut Kedatangan Jamaah Haji  asal Jakarta Selatan di Bandara Sotta, Senin (19/8).
Foto: dok. Puskeshaji
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek Menyambut Kedatangan Jamaah Haji asal Jakarta Selatan di Bandara Sotta, Senin (19/8).

IHRAM.CO.ID,  TANGERANG -- Tak hanya mempersiapkan uang, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek meminta masyarakat supaya menyiapkan mental dan kesehatannya sebelum berangkat menjalani ibadah haji.

Nila menegaskan, syarat ibadah haji adalah mampu (isthita'ah). "Ibadah haji bukan hanya untuk yang mampu dalam hal finansial melainkan juga fisik karena ritual sa'i, thawaf, arafah itu melelahkan dan cukup berat," katanya saat ditemui wartawan usai menyambut jamaah haji Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten, Senin (19/8) petang.

Baca Juga

Karena itu, Nila meminta masyarakat menjaga kesehatan dirinya meski ibadah haji masih lama dilakukan, entah lima hingga belasan tahun nanti. Sehingga masyarakat ketika berhaji benar-benar dalam kondisi sehat.

Ia juga meminta masyarakat yang naik haji tidak memeriksa kesehatannya mendadak sepekan sebelum berangkat. Ia meminta calon jamaah haji ini bisa menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, peserta jaminan kesehatan nasional untuk melakukan pemeriksaan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement