Kamis 29 Aug 2019 10:49 WIB

Wisata Halal di Kota Bandung Didorong Segera Terwujud

Kawasan wisata halal bukan hanya dilihat dari makanannya saja

Rep: Zuli Istiqomah / Red: Muhammad Subarkah
Investasi wisata halal
Foto: Republika
Investasi wisata halal

IHRAM.CO.ID,  — Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mendorong agar wisata halal segera terwujud. Wisata halal ini dinilai dapat mendobrak daya tarik kunjungan wisatawan ke Kota Bandung.

"Secepatnya ya dengan tim percepatan terus kordinasi. Sehingga Bandung ke depannya bisa menghadirkan wisata yang betul-betul halal," kata Yana dalam siaran persnya, Kamis (29/8).

Yana mengatakan, kawasan wisata halal bukan hanya dilihat dari makanannya saja yang halal. Tetapi juga dari fasilitas pendukung lain ta seperti toilet, lingkungan tempat makan dan lainnya yang juga harus bersih dan nyaman. Untuk memudahkan masyarakat mengakses maupun mengkonsumsi makan halal, ia menyarankan agar menggunakan teknologi yang canggih. Di antaranya melalui aplikasi yang mudah diakses.

"Bisa gunakan aplikasi sehingga wisatawan cari makanan di kawasan halal bisa dengan mudah," ujarnya. Ia pun mendorong agar wisata halal bisa berkolaborasi dengan segala pihak, seperti hotel halal.

"Kita dorong satu hotel, misalnya hotel syariah bisa kelola semuanya dengan teknik halal. Jadi bukan sekedar label saja, sehingga orang itu tenang kalau berkunjung ke Bandung," tutur Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengaku segera menyusun road map wisata halal Kota Bandung. "Road mapnya juga akan kita susun bahkan sampai tahun 2023. Tinggal di- 'breakdown' lagi rinci lebih teknisnya. Terutama beberapa hal seperti integritas promosi dan sebagainya," kata Kenny sapaan akrabnya.

Menurutnya, hadirnya wisata halal bisa meningkat okupansi di Kota Bandung. Sebab Bandung memiliki potensi yang luar biasa untuk pengembangan wisafa halal. Ini dianggapnya dapat menjadi kesempata Bandung untuk menambah okupansi hotel dalam hal pendapatan.

Ia pun berharap, ruang publik di kota Bandung bisa lebih representatif agar wisawatan yang berkunjung lebih nyaman. “Ruang publik untuk pemasaran dan lingkungan yang menunjang. Ini tugas tim percepatan nanti. Insyaallah kita akan deklarasi September, bahwa Kota Bandung siap dalam wisata halal," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement