Kamis 05 Sep 2019 14:00 WIB

Niat Berhaji di Usia Muda

Saat ini, 70 persen peserta haji adalah orang tua lanjut usia.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Haji
Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Seorang ayah dari bocah usia delapan bulan, Ikra Nugraha juga bertekad agar anaknya bisa pergi berhaji di usia muda. Ia sedikit menyesal karena baru diusianya yang sekarang menginjak 30 tahun ia berpikir tentang berhaji. 

Padahal haji adalah wajib layaknya rukun Islam lain. Kondisi ekonomi kaum milenial zaman sekarang yang mayoritas termasuk kaum middle income pun bisa digolongkan sebagai 'mampu'. 

Ikra berikhtiar dengan mendaftarkan anaknya di tabungan haji anak. Produk ini sudah jamak di sejumlah bank-bank syariah. Tabungan tersebut membantu orang tua yang ingin mendaftarkan haji anaknya sedari usia 0 bulan.

"Jangan sampai anak saya kaya saya, sudah umur segini baru daftar, entah umur berapa baru berangkat," kata dia.

Kerinduan pada tanah suci ini coba ditularkan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui program Mari Tunaikan Haji Selagi Muda (MINA). BPKH menggandeng influencer Ayana Moon yang berasal dari Korea untuk memperkenalkan kampanye ini.

Dalam akun Instagramnya, Ayana mengajak generasi mudah untuk mulai daftar haji di bank-bank syariah terdekat. Ia sendiri sudah mendaftar dengan harapan berangkat dalam kondisi yang masih fit. Ia juga menyampaikan BPKH sedang mengadakan lomba video yang berhadiah tiga paket umrah.

Anggota BPKH Bidang Operasional Iskandar Zulkarnain mengatakan Ayana menjadi sosok yang bisa mewakili generasi muda untuk membulatkan tekad, memulai ikhtiar daftar haji. Ayana merupakan seorang mualaf dan berasal dari Korea yang kini digandrungi trennya oleh anak muda Indonesia.

Menurut Iskandar, pengaruh Ayana juga cukup signifikan pada aktivitas media sosial BPKH. Exposure ini membuat BPKH lebih banyak dikenal. Iskandar menyampaikan untuk meningkatkan kesadaran berhaji, kampanye ini perlu terus digaungkan.

"Kedepanya kita berharap bisa menaikan porsi pendaftar haji milenial," kata Iskandar pada Republika, belum lama ini.

Saat ini, 70 persen peserta haji adalah orang tua lanjut usia. Iskandar berharap dalam beberapa tahun kedepan, porsi pendaftar haji milenial atau usia dewasa muda bisa naik hingga 40 persen.

Tahun ini, BPKH akan berkampanye di lima kampus tanah air. Tahun depan ada sekitar 10 kampus yang akan disambangi. Dengan begini, diharapkan generasi muda bisa mulai tergugah untuk menabung sejak dini. 

"Agar dapat memenuhi biaya untuk mendapatkan porsi di usia matang," katanya.

Lomba video BPKH sendiri akan berlangsung hingga akhir bulan September 2019. Peserta bisa melakukan pendekatan yang dilakukan dari aspek religius dan kekinian. Pesannya, umat Islam sebaiknya lebih mengutamakan yang wajib daripada sunnah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement