Rabu 11 Sep 2019 15:39 WIB

Cari Jamaah Haji yang Hilang, PPIH Koordinasi dengan Saudi

PPIH akan terus berupaya mencari jamaah haji yang hilang.

Rep: Syahruddin El Fikri/ Red: Nashih Nashrullah
Tapsirin Wajat Ratam, jamaah haji asal Kloter 11 Palembang yang hilang sejak di Muzdalifah tiga pekan lalu.
Foto: Dok MCH / PPIH Arab Saudi
Tapsirin Wajat Ratam, jamaah haji asal Kloter 11 Palembang yang hilang sejak di Muzdalifah tiga pekan lalu.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH— Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan akan terus mencari Tapsirin Ratam Wajat (82), jamaah haji asal Kloter 11 Embarkasi Palembang yang hilang saat di Muzdalifah. 

Hal itu disampaikan Ketua PPIH Arab Saudi, Endang Djumali, kepada wartawan Media Center Haji di sela-sela acara Malam Apresiasi Haji 2019 di Jeddah, Selasa (10/9) malam. 

Baca Juga

"Kami akan terus berupaya mencarinya (Tapsirin, red) hingga selesainya operasional penyelenggaraan haji 2019," ujar Endang Djumali.

Menurutnya, pencarian itu dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan. "Kita akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait di Arab Saudi, termasuk dengan pihak kepolisian setempat untuk membantu serta juga dengan pihak rumah sakit," ujarnya.

 

Endang Djumali menyebutkan, setidaknya pencarian akan berlangsung hingga selesainya operasional haji pada tanggal 15 September 2019. Namun demikian, pencarian bekerja sama dengan pihak terkait di Arab Saudi hingga setahun ke depan.

Ia menambahkan, ini kasus yang cukup rumit mengingat kejadian tersebut terjadi di daerah Muzdalifah yang notabene tidak ada kegiatan apa-apa selain musim haji.

"Petugas kita sudah melakukan pencarian di seputar Muzdalifah, namun hasilnya nihil. Dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit juga untuk mendapatkan informasi seputar keberadaan yang bersangkutan," kata dia.

Endang Djumali menambahkan, pihaknya belum berani memastikan kondisi yang bersangkutan sudah wafat atau apapun selama belum ada kejelasan, terutama dari pihak Arab Saudi. "Kami harus menunggu juga," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement