Kamis 03 Oct 2019 12:38 WIB

Kemenkes Visitasi Jamaah Haji di RS Arab Saudi

Jamaah haji tetap mendapatkan dukungan nutrisi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Petugas memberikan perawatan kepada jamaah haji Indonesia yang sebagian besar akibat kelelahan dan dehidrasi di Posko Kesehatan Mekkah, Arab Saudi, Minggu (11/8/2019
Foto: Antara/Hanni Sofia
Petugas memberikan perawatan kepada jamaah haji Indonesia yang sebagian besar akibat kelelahan dan dehidrasi di Posko Kesehatan Mekkah, Arab Saudi, Minggu (11/8/2019

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan visitasi terhadap jamaah haji yang masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Visitasi atau pendampingan dilakukan selama 30 hari kedepan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pasca operasional haji.

Kordinator PPIH Pascaoperasional Haji Kementerian Kesehatan Innes Erica mengatakan, visitasi dilakukan di tiga daerah kerja (Daker) Jeddah, Makkah dan Madinah yang dilakukan oleh enam petugas kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Setiap daker diisi oleh satu dokter dan satu perawat.

Baca Juga

“Di Jeddah satu dokter dan satu perawat, di Makkah satu dokter dan satu prawat dan Madinah satu dokter dan satu perawat,” ujarnya, Rabu (3/10).

Innes mengatakan, kegiatan visitasi terhadap jamaah haji yang sakit ini bertujuan untuk memberikan dukungan mental dan dukungan nutrisi terhadap jamaah. Sehingga jamaah haji yang masih dirawat di RSAS bisa cepat sembuh dan bisa segara kembali ke Tanah Air bersama keluarganya masing-masing.

“Sebelum melakukan visitasi kepada jamaah jamaah haji kami berkoordinasi dengan dokter penanggung jawab pelayanan pasien (DPJP),” katanya.

Sampai saat ini total jamaah haji yang masih dirawat di RS AS ada 31 orang. Rinciannya di RS AR daerah Jeddah sebanyak tiga orang. Di RSAS daerah Madinaah ada 10 jamaah, dua orang jamaah haji sudah kembali ke Tanah Air. Dan sebanyak 18 orang jamaah haji masih dirawat di RSAS daerah kerja Mekkah, dan dua orang akan pulang ke Tanah Air.  Di Makkah kata Innes ada satu orang jamaah haji mendapat dukungan nutrisi dari tim visitasi PPIH pascaoperasional haji berupa pemberian makanan tambahan berupa bubur dan sereal.

“Satu orang jamaah haji di Jeddah dan 2 orang jamaah haji di Mekkah sudah memiliki medif dan menunggu jadwal kepulangan, sementara 1 orang jamaah haji di Madinah terjadwal pulang tanggal 01 Oktober 2019,” katanya.

Berikut nama-nama jamaah haji yang menerima visitasi dari PPIH pasca oprasional haji di RSAS daker Jeddah atas nama (1) Fatquroji bin Rami, (2) Kusniyati Binti Rapian, (3) Abubakar Rumatiaga bin Ali Rumatiaga.

Di daerah kerja RSAS Madinah ada jamaah atas nama (1) Aminah Muhammad Aji binti Muhammad Aji, (2) Asnidar binti Syafei, (3) Sa’diyah binti Imron, (4) Mastiah Agisni abd Karim binti H Agisni, (5) Sulastri Kholil Khotijah binti Kholil, (6) Tahlia bin Kalsa Nurhapi, (7) Syawaluddin Sinaga bin Abd.Hamid alm, (8) Hanief Hardiyanto, (9) Susmitati binti Moch Sayuti (10) Dahri bin Warmo.

Di daerah kerja RSAS Makkah ada jamaah atas nama (1) Hasna binti Zainudin Indo, (2) Mat Budin Bin Abdul Latif, (3) Saeti Binti Sano bin Dabing, (4) Nur Hasan Binti Jafar Sidik, (5) Imam Syafaat Kusrin bin Kusrin, (6) M Syafri bin Chaidir. NR, (7) Munir Ghozali bin Muhmad Ghozali, (8) Suparman binti Prabu, (9) Dewi Kurnia Astuti Kurnia binti Tukio, (10) Pinto bin H.Kanatia, (11) Sutrisno bin Astrosam, (12) Dioh Binti H.Akhmad, (13) Rofikudin Hatami Ismail bin Hatmi, (14) Mahudin bin Mabiya, (15) Ramelan bin Tarmin, (16) Krisanto bin Sanrusdi Tirtadinala, (17) Selamat Riyanto bin Ngatimo, (18) Siti Mariyam binti Kartorejo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement