Senin 11 Nov 2019 21:40 WIB

Tradisi Unik Maulid Nabi di Pulau Bawean

Berkat maulid di Bawean yang cukup spektakuler yang dinamakan “Angka’an Molod.”

Rep: Muhyiddin/ Red: Sadly Rachman
Berkat maulid yang cukup spektakuler di Bawean
Foto: Republika/Muhyiddin
Berkat maulid yang cukup spektakuler di Bawean

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Umat Islam di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur memiliki tradisi yang cukup unik dalam merayakan Mauid Nabi SAW. Berbeda dengan daerah lainnya, dalam merayakannya masyarat Bawean tidak hanya membaca doa-doa dan dzikir saja, tapi juga menyediakan berkat maulid yang cukup spektakuler yang dinamakan “Angka’an Molod.”

Berkat Maulid yang berukuran besar tersebut dihias dengan bunga dan diisi dengan berbagai macam makanan khas Bawean dan buah-buahan. Tokoh Masyarakat Bawean, KH. Raden Muhammad Ihsan mengatakan buah-buahan tersebut dihasilkan dari para warga yang bertani.

Selain diisi dengan aneka makanan dan buah-buahan, berkat Maulid Nabi itu juga diisi dengan hasil melaut masyarakat Bawean, seperti ikan dan cumi berukuran besar. Bahkan, berkat Maulid Nabi itu juga diberi uang rupiah maupun uang ringgit Malaysia untuk membantu pembangunan masjid.

Kegiatan berdzikir itu pun dilaksanakan dari pagi hingga siang hari dan diikuti orang tua maupun kalangan anak muda. Selesai berdoa dan berdzikir,  berkat Maulid Nabi itu pun diundi agar masyarakat tidak berebut dalam menikmati berkat Maulid.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Muhyiddin

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement