Rabu 27 Nov 2019 04:03 WIB

Bertemu Menag, Dubes Arab Bahas Peningkatan Layanan Haji

Menag dan Dubes Arab membahas peningkatan layanan untuk jamaah haji Indonesia

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Kementerian Haji Saudi dan Kemenag Bahas Peningkatan Layanan Armina
Foto: kemenag.go.id
Kementerian Haji Saudi dan Kemenag Bahas Peningkatan Layanan Armina

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi mengadakan pertemuan dengan Menteri Agama Fachrul Razi di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (26/11). Dalam pertemuan tersebut, Essam membahas masalah peningkatan layanan untuk jamaah haji Indonesia.

"Pertemuan ini membahas sejumlah agenda, di antaranya peningkatan layanan untuk jamaah haji Indonesia di musim haji tahun depan serta konferensi Islam kedua yang akan digelar di Jakarta pada Januari 2020," ujar Essam di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (26/11).

Essam mengucapkan selamat kepada Fachrul Razi yang telah dipilih Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama yang baru. Dalam kesempatan itu, dia pun mengundang Fachrul Razi untuk hadir dalam acara Musbaqah Hafalan Alquran yang akan diselenggarakan Kerajaan Arab Saudi di Yaman pada 2020.

"Kami mengundang Menteri Agama untuk hadir di gelaran Musabaqah Hafalan Alquran yang dihadiri qori Internasional, termasuk Indonesia," ucapnya.  

Sementara itu, Menag Fachrul Razi mengapresiasi Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah menghapus biaya visa kepada jamaah haji Indonesia.

"Kami juga mengusulkan agar layanan fast track ada di sejumlah embarkasi di Indonesia sepeti di Solo, Surabaya, Medan, dan Makassar. Musim haji tahun 2019, layanan fast track hanya ada di Bandara Soekarno Hatta. Kami berharap layanan ini dapat ditingkatkan lagi di sejumlah embarkasi," kata Fachrul.

Dalam pertemuan itu, Fachrul juga menyampaikan rencananya untuk bertolak ke Arab Saudi pada Desember mendatang dalam rangka menjalin MoU terkait persiapan haji 1441H/2020M. Essam pun menyatakan bahwa pihak Kementerian Haji Arab Saudi akan senantiasa membuka pintu untuk Kementerian Agama Indonesia dalam upaya perbaikan pelaksanaan ibadah haji.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Wakil Duta Besar Arab Saudi Yahya Hassan N Alqahtani. Selain itu, hadir pula Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, Kasubdit Bimbingan Jemaah Arsyad Hidayat, Sesmen Khoirul Huda dan Staf Khusus Menag, Munajat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement