Jumat 27 Dec 2019 19:09 WIB

RSU Mustika Medika Ditunjuk Jadi Lokasi MCU Haji Reguler

RSU Mustika Media Bekasi menerima rujukan haji dari faskes seluruh Indonesia

Rumah Sakit Umum Mustika Medika Bekasi. RSU Mustika Medika telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk MCU Haji dan Umroh di Kota Bekasi terhitung sejak November 2019
Foto: RSU Mustika Medika
Rumah Sakit Umum Mustika Medika Bekasi. RSU Mustika Medika telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk MCU Haji dan Umroh di Kota Bekasi terhitung sejak November 2019

IHRAM.CO.ID, BEKASI -- Ibadah haji merupakan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi muslim yang mampu. Mampu dalam artian tidak hanya mampu secara finansial, namun juga mampu secara fisik. Hal ini berkaitan dengan  definisi sehat menurut World Health Organization (WHO) yaitu sehat secara fisik, mental, dan rohani.

Faktor kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi perhatian, karena perbedaan cuaca, aktivitas yang padat yang menuntut para jamaah haji untuk memiliki tubuh yang fit. Oleh karena itu, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No.15 Tahun 2016, jemaah yang hendak berangkat ke tanah suci diwajibkan untuk melakukan Medical Check Up (MCU) agar nantinya dapat beribadah dengan kondisi tubuh terbaiknya.

Bagi warga Bekasi yang ingin melakukan MCU, tak perlu jauh-jauh karena anda bisa melakukan di Rumah Sakit Umum Mustika Medika, yang terletak di Pedurenan Bekasi. Hal itu karena kini RSU Mustika Medika telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk MCU Haji dan Umrah di Kota Bekasi terhitung sejak November 2019.

Marketing RS Mustika Medika dr Talitha Rahma Ayuningtyas mengatakan bagi calon Jamaah haji yang hendak melakukan MCU, cukup membawa surat rujukan dari faskes dan Fotokopi KTP. Selain itu RSU Mustika Medika menerima rujukan haji dari faskes seluruh Indonesia.

"Calon jamaah dapat melakukan pelayanan MCU Haji dan Umroh RSU Mustika Medika ini setiap hari Senin – Sabtu, dari jam 07.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB," tutur dia.

Pelayanan MCU Haji dan Umrah ini meliputi Urine Rutin, Golongan Darah, Gula Darah Sewaktu (GDS), Seri Lipid, EKG, Rontgen, Test Kehamilan (untuk jamaah wanita). Pemeriksaan MCU ini akan mendapatkan konsultasi gratis oleh dokter spesialis penyakit dalam.

Selain itu terdapat juga klinik pembinaan kesehatan haji untuk calon jamaah haji dan umrah yang memerlukan pelayanan kesehatan haji lebih lanjut. Yaitu jika sudah diperiksa ternyata kondisi kesehatan jemaah tidak memenuhi kriteria, maka selanjutnya akan dilakukan penangan awal oleh tim dokter RSU Mustika Medika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement