Jumat 03 Jan 2020 22:39 WIB

Kabupaten Bangka akan Berangkatkan 280 Jamaah Haji Tahun Ini

Kemungkinan jumlah jamaah haji Bangka akan bertambah.

Kemungkinan jumlah jamaah haji Bangka akan bertambah jika kuota nasional bertambah. Foto ilustrasi jamaah haji.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kemungkinan jumlah jamaah haji Bangka akan bertambah jika kuota nasional bertambah. Foto ilustrasi jamaah haji.

IHRAM.CO.ID, SUNGAILIAT— Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat calon haji asal daerah itu untuk 2020 sebanyak 280 orang.

Kepala Kantor Kemenag Bangka, Paidi di Sungailiat, Jumat (3/1) mengatakan, data saat sementara 280 orang calon haji akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah tahun 2020. "Ada kemungkinan jumlah tersebut mengalami penambahan jika ada perubahanan penambahan kuota dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi," tambahnya.

Baca Juga

Menurut dia, sebagian calon jamaah sedang melengkapi dokumen administrasi jamaah seperti pembuatan parpor di kantor Imigrasi serta kelengkapan administrasi lainnya.

"Terdapat pula sebagian calon jamaah yang melakukan pelunasan ongkos naik haji ke bank yang sudah ditunjuk," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia mendapat kuota haji dari Pemerintah Arab Saudi tahun 2020 sebanyak 211 ribu orang terdiri dari dari 204 ribu untuk jamaah haji reguler dan 17 ribu untuk jamaah haji khusus.

Kuota haji 2020 tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) penyelenggaraan haji yang telah ditandatangani Menteri Agama Fachrul Razi dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh bin Thahir Benten. 

Tercantum dalam MoU tersebut salah satunya adalah penetapan visa berbayar bagi warga negara asing non Arab yang memasuki negara Arab Saudi akan dikenakan biaya visa sebesar 300 SAR termasuk Indonesia dan ini diperutukkan untuk semua dari umrah, haji maupun ziarah.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement