Kamis 16 Jan 2020 11:24 WIB

Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf A

Berikut ini sejumlah istilah dan singkatan terkait haji dan umrah dari huruf A.

Daftar Istilah dan Singkatan Haji-Umrah dari Huruf A. Foto: Jamaah haji sedang melaksanakan shalat wajib di Masjidil Haram pada musim haji 1440 H / 2019 M (Ilustrasi).
Foto: Muhammad Hafil/Republika
Daftar Istilah dan Singkatan Haji-Umrah dari Huruf A. Foto: Jamaah haji sedang melaksanakan shalat wajib di Masjidil Haram pada musim haji 1440 H / 2019 M (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Ibadah haji dan umrah adalah salah satu ibadah yang rutin dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Untuk haji, puncaknya dilakukan pada bulan Dzulhijah. Sementara untuk umrah, dilakukan sepanjang tahun.

Bagi umat Islam, khususnya Indonesia, yang belum pernah melaksanakan ibadah haji dan umrah, tentu akan dihadapkan pada sejumlah istilah dan singkatan terkait ibadah itu. Berikut ini adalah sejumlah istilah dan singkatan terkait haji dan umrah dari huruf 'A'.

Baca Juga

*Akomodasi     : Tempat penginapan atau pengasramaan sebagai penampungan sementara pada waktu jamaah haji di tempat embarkasi/dan atau di tempat debarkasi dan pemondokan selama berada di Arab Saudi

*Al-Muaishim   : Nama terowongan yang ada di Mina

 

*Amirul Haj      : Ketua perutusan haji Indonesia (Misi haji) yang diangkat oleh Menteri Agama apabila Menteri Agama tak menunaikan ibadah haji. Namun, apabila Menteri Agama menunaikan ibadah haji, maka karena jabatannya, Menteri Agama menjadi Amirul Haj

*Amphuri          : Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia

*Arafah             : Tempat jamaah haji berkumpul untuk wukuf pada 9 Dzulhijah

*Arbain             : Melaksanakan shalat empat puluh waktu tanpa terputus berjamaah di Masjid Nabawi di Madinah

*Armina            : Arafah dan Mina

*Askar              : Petugas keamanan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

*Aziziyah          : Nama tempat/daerah di Kota Makkah dan merupakan tempat kantor daerah kerja petugas haji Indonesia di Makkah.

Sumber: Haji dari Masa ke Masa (Kemenag) dan Republika.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement