Rabu 22 Jan 2020 12:35 WIB

Menag Harap Jokowi Lobi Raja Saudi Soal Tambahan Kuota Haji

Indonesia akan mengajukan tambahan jamaah, bukan kuota ke Kerajaan Arab Saudi.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Ratna Puspita
Menteri Agama Jenderal Fachrul Razi
Foto: Republika/Wihdan
Menteri Agama Jenderal Fachrul Razi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Fachrul Razi meminta bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melobi Raja Arab Saudi agar memberikan tambahan kuota jamaah haji Indonesia. Menurutnya, Jokowi memiliki kedekatan dengan Raja Arab Saudi sehingga komunikasi terkait penambahan kuota jamaah haji pun diperlukan. 

"Soal haji. Saya juga minta bantuan beliau. Nah karena saya tahu bapak presiden dekat dengan Raja Saudi, saya minta tolong beliau untuk membantu untuk membackup kita mengajukan tambahan 10 ribu jamaah itu," jelas Fachrul Razi di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (22/1). 

Baca Juga

Ia menyampaikan, Arab Saudi tak memiliki kewenangan untuk memberikan tambahan kuota haji. Kuota haji tersebut, kata dia, ditentukan oleh OKI. 

"OKI menentukan 221 ribu buat Indonesia. Saya minta tambahan 10 ribu. Dia bilang boleh, tetapi ajukan aja secara formal. Bukan tambahan kuota tapi menjadi tambahan jamaah," ucapnya. 

Karena itu, Fachrul berharap dengan adanya komunikasi antara Presiden Jokowi dengan Raja Arab Saudi, permohonan penambahan kuota jamaah haji dapat terpenuhi. "Mudah-mudahan. Ya akan komunikasikan dengan Raja Saudi," tambah Fachrul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement