Rabu 29 Jan 2020 18:29 WIB

Umrah Jadi Gaya Hidup, Sapuhi Jabar Gelar Pameran Umrah

Masyarakat diingatkan memilih biro perjalanan umrah tepercaya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ani Nursalikah
Sapuhi Jabar Gelar Pameran Umrah Juara. Pengurus Sapuhi Jabar saat audiensi dengan Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum.
Foto: istimewa
Sapuhi Jabar Gelar Pameran Umrah Juara. Pengurus Sapuhi Jabar saat audiensi dengan Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum.

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Jawa Barat, Zainurrofieq mengatakan minat masyarakat untuk umrah meningkat karena umrah telah menjadi gaya hidup.

Apalagi, daftar tunggu haji di Jabar mencapai 18-20 tahun. Selain itu, warga yang sudah berangkat haji dan ingin kembali berhaji harus menunggu 10 tahun.

Baca Juga

Kondisi tersebut membuat peminat umrah menjadi sangat tinggi. Jumlah jamaah yang beribadah umrah diperkirakan lebih dari 150 ribu orang setiap tahunnya.

“Minat masyarakat untuk umrah sangat tinggi. Selain itu, ibadah umrah saat ini sudah menjadi gaya hidup,” ujar Zainurrofieq, di Bandung, Rabu (29/1).

Menurutnya, minat umrah masyarakat terganggu akibat perilaku oknum travel umrah 'nakal' dan tak berizin. Hal tersebut samakin parah saat informasi tentang umrah yang minim.

“Masyarakat harus bisa memilih travel umrah yang kompeten. Jangan mudah terjebak biaya umrah murah,” katanya.

Melihat kondisi ini, ia berupaya menyediakan layanan ibadah umrah tepercaya dan terjangkau melalui gelaran pameran Umrah Juara yang berlangsung 26 Februari hingga 1 Maret 2020 di Trans Studio Mall. Terdapat 30 stan yang diisi perbankan syariah, asuransi, serta perusahaan lain yang berkaitan dengan umrah.

Zainurrofieq mengatakan kegiatan tersebut juga berisi sosialisasi tentang umrah untuk masyarakat, salah satunya tentang program 5 Pasti dari Kementerian Agama, yaitu pastikan travelnya berizin, pastikan programnya, pastikan visa, tiket dan hotelnya).

“Masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi tentang umrah di pameran Umrah Juara. Travel umrah yang ikut pameran ini sudah tepercaya,” katanya.

Menurut Ketua Ketua Steering Committee Edwin Miftahudin, pameran ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Rencananya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membuka secara langsung dan ditutup oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Selain itu, sejumlah tokoh nasional akan hadir di antaranya Tuan Guru Bajang TGB Zainulmajdi, Mamah Dedeh, KH Sofyan Yahya dan Ketua Umum Sapuhi Syam Resfiadi. Pameran Umrah Juara akan dimeriahkan artis nasional pula seperti Inka Christie, Afdel Achdian dan ustaz milenial, seperti Ustaz Yebe, Hendi Bone serta legenda Persib Ajat Sudrajat.

Melalui pameran Umrah Juara, Sapuhi Jabar mendukung pemberdayaan lokal dengan mengoptimalkan Bandara Kertajati sebagai bandara keberangkatan jamaah umrah. “Kami ingin membangun pemahaman umrah tak hanya ibadah ritual, tapi juga menjadi ajang meningkatkan kualitas diri sekaligus memajukan umat Muslim,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement