Jumat 31 Jan 2020 10:49 WIB

Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf U, V, W

Berikut ini sejumlah istilah dan singkatan terkait haji dan umrah dari huruf U, V, W.

Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf U, V, W. Foto: Pintu gerbang Pasar Ukaz di Thaif.
Foto: Muhammad Hafil / Republika
Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf U, V, W. Foto: Pintu gerbang Pasar Ukaz di Thaif.

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Sejumlah istilah dan singkatan terkait haji dan umrah, akan ditemukan bagi jamaah yang sudah dan belum pernah melaksanakan kedua ibadah tersebut. Untuk itu, istilah dan singkatan itu perlu diketahui agar memandu jamaah selama melaksanakan ibadah di Tanah Suci. Berikut ini adalah istilah dan singkatan terkait haji dan umrah dari huruf U, V, dan W:

UKAZ: Ukas adalah sebuah daerah di antara Makkah dan Thaif. Daerah ini sudah dikenal sejak sebelum kelahiran Nabi Muhammad. Karena, terdapat sebuah pasar tahunan bernama Pasar Ukaz yang menjadi tempat pertemuan orang-orang di jazirah Arab untuk berdagang maupun menunjukkan pameran kebudayaan dan adat istiadat. Pasar Ukaz ini sempat terhenti kegiatannya selama ratusan tahun. Namun, sejak 2006 pemerintah Arab Saudi menghidupkan kembali Pasar Ukaz dengan konsep festival tahunan selama musim haji. Selama festival Pasar Ukaz atau Souq Ukaz, beberapa negara Arab seperti Mesir, Irak, Arab Saudi, Yaman, Oman, hingga Bahrain, ikut serta memamerkan produk-produk mereka.

Baca Juga

Vaksin Meningtis: Suntik kekebalan untuk mencegah tertularnya penyakit radang selaput otak.

WAS: Waktu Arab Saudi

Wajib Haji: Rangkaian amal yang harus dilakukan dalam ibadah haji, bila tidak di kerjakan atau di tinggalkan hajinya sah tapi dikenakan Dam.

Wukuf: Berdiam diri sejenak di Arafah pada waktu tergelincirnya matahari tanggal 9 Zulhijah, wukuf di awali khutbah, shalat Zuhur dan Ashar dijama' taqdim dan qasar sebaiknya berjamaah, kemudian diisi dengan kegiatan membaca doa, berzikir, membaca Al-Quran, tasbih dan istigfar.

Sumber: Haji dari Masa ke Masa (Kemenag) dan Republika.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement