Rabu 12 Feb 2020 23:26 WIB

Akademisi Ingatkan Pentingnya Industri Pangan Halal

Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi pangan halal pada saat ini terus meningkat.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia  (LPPOM MUI) DKI Jakarta melakukan sosialisasi sertifikasi halal kepada  pelajar di Aula Graha Mental Spiritual, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).
Foto: Dok Dinsos DKI Jakarta
Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) DKI Jakarta melakukan sosialisasi sertifikasi halal kepada pelajar di Aula Graha Mental Spiritual, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

IHRAM.CO.ID,PURWOKERTO -- Akademisi dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto, Kabupaten Banyumas Kavadya Syska mengingatkan pentingnya penguatan industri pangan halal.

"Produksi pangan halal sangat perlu didukung oleh industri pangan halal yang kuat," katanya di Purwokerto, Rabu (12/2).

Ketua Pusat Pangan Halal UNU Purwokerto itu menambahkan, kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi pangan halal pada saat ini terus meningkat. "Masyarakat makin menyadari bahwa pangan halal membawa banyak dampak positif misalkan sehat dan aman dikonsumsi," katanya.

Dia menjelaskan isu mengenai pangan halal sangat menarik untuk diperbincangkan."Terutama karena Indonesia adalah sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, tentunya pangan halal menjadi isu yang sangat menarik untuk dikaji dan dieksplorasi dari berbagai sudut pandang ilmu dan perspektif. Dengan demikian, penguatan industri pangan halal sangat diperlukan," katanya.

Dia menilai bahwa bagi sebagian besar masyarakat pangan halal merupakan aspek yang sangat fundamental. "Menurut saya kehalalan produk pangan bagi sebagian masyarakat menjadi pertimbangan utama untuk mengonsumsinya. Berdasarkan kondisi di atas maka UNU telah mendirikan Pusat Pangan Halal," katanya.

Tujuannya, kata dia, untuk meningkatkan dan mengintensifkan sosialisasi pangan halal kepada dunia usaha pangan dan masyarakat," katanya.Selain itu untuk edukasi dan training bagi UMKM untuk pengembangan produk halal."Kami juga akan melakukan pendampingan pengurusan sertifikasi halal, yang nantinya bersama-sama MUI memberikan rekomendasi ke BPJPH untuk mendapatkan sertifikasi halal," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement